Sukabumi Update

PEN 2021 Bantu Pengembangan 3 Tempat Wisata di Kawasan Geopark Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Jabar Abdul Muiz menyatakan pemerintah provinsi terus mendorong pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi terutama kawasan Geopark Ciletuh diantaranya melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021.

"Saya selama reses kemarin meninjau beberapa lokasi yang kita dorong untuk dijadikan destinasi wisata di level desa dan dukungan pengembangan 3 destinasi Pantai Karanghawu, air panas Cisolok dan Curug Sodong. Di wilayah utara [Sukabumi]  wisata Kadudampit dan penguatan desa berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan di wilayah Cidahu objek wisata Curug Sawer," kata anggota DPRD Fraksi PKS belum lama ini.

Baca Juga :

Menurut dia, ada 3 destinasi wisata di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi yang sudah masuk mata anggaran bantuan keuangan melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 yaitu Curug Sodong di Kecamatan Ciemas dengan nilai anggaran pengembangan Rp 6,4 miliar, kedua Geyser Cisolok Rp 8 miliar dan ketiga Pantai Karang Hawu Rp 8 miliar. 

Lebih lanjut Muiz menyatakan Bappeda Jabar merancang pengembangan 3 Metropolitan dan 3 pusat pertumbuhan kota di pinggir pantai selatan. Metropolitan Bandung Raya, Metropolitan Bodekarpur dan Metropolitan Cirebon raya.

Menurut dia, Bappeda Jabar mendorong pengembangan wisata unggulan di Jawa Barat masuk kelas dunia. Hal itu ditandai dengan dirintisnya jalan lintas selatan Jabar dari Pangandaran sampai perbatasan Lebak Banten. Kemudian dimulainya gagasan besar pengembangan Geopark Ciletuh yang membentang sepanjang pantai Selatan Sukabumi sejauh 114 km melintasi beberapa kecamatan.

Kemudian pembangunan jalan alternatif Geopark Ciletuh di masa kepemimpinan Gubernur Ahmad Heryawan. "Lebih Rp 200 Miliar digelontorkan untuk membuka jalur sepanjang Loji Puncak Darma, Puncak Aher sampai Palampang dan Waluran," jelasnya.

Menurut dia, Pemprov Jabar melalukan pengembangan secara bertahap untuk Pantai Palampang, Citepus, Ujung Genteng dan penataan pertamanan dan fasilitas publik untuk daya dukung  pengunjung atau wisatawan. "Jadi pengembangan 3 destinasi baru di tahun 2021 melalui PEN adalah bukti komitmen Pemprov Jabar serius untuk menata pariwisata Jabar," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI