Sukabumi Update

Idap Kanker di Perut, Bocah 3 Tahun di Ciengang Sukabumi Butuh Bantuan

SUKABUMIUPDATE.com -  Di usia baru 3 tahun, Ananda Muhamad Raihan harus secepatnya mendapatkan penanganan medis intensif dari kanker perut yang diidapnya. Bocah Ananda tinggal di Kampung Cibogo Girang RT 21/03 Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi Jawa barat.

Perutnya sejak dua tahun terakhir makin membesar. Penyakit ini mulai terdeteksi sejak 2019 silam, saat itu pasangan Ade (23 tahun) dan Dewi (25 tahun) curiga dengan benjolan di perut Ananda. 

“Perut anak kami makin besar. Tim dokter melakukan tes darah kemudian di USG. Baru ketahuan dugaan anak kami ini idap kanker perut,” ungkap Dewi kepada sukabumiupdate.com, yang berkunjung ke rumahnya di Cibogo Girang, Senin (22/3/2021).

Dari sana berbekal fasilitas BPJS kesehatan, keluarga ini membawa Ananda untuk berobat ke sejumlah rumah sakit. Mulai RSUD Sekarwangi, RS Hermina hingga ke RSUD R Syamsudin. 

Baca Juga :

“Hampir semua rumah sakit kami datangi. Kata dokter ada dua kemungkinan, kanker di ginjal atau kanker limpa dan ini harus dioperasi,” jelasnya.

RSUD R Syamsudin lanjut Dewi, sempat menawarkan operasi, namun juga mengusulkan ke dirujuk ke Bandung ke RSUD Hasan Sadikin. “Masalahnya untuk dirujuk terus terang kami tidak punya biaya, selama ini hanya mengandalkan pekerjaan serabutan suami.” 

Dihubungi terpisah, Pemerintah Desa Ciengang mengaku belum mendapatkan info terbaru soal kondisi Ananda yang harus secepatnya dioperasi. Pihak desa akan melakukan pengajuan untuk dicover program kesehatan untuk keluarga miskin (Gakin).

Kasi Kesejahteraan Pemdes Ciengang, Machbub Ridwan ABD mengatakan bahwa sudah banyak warga yang terbantu program tersebut. “Secepatnya kami cek, dan tindaklanjuti,” pungkasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI