Sukabumi Update

Menegangkan! Detik-detik Evakuasi Kerbau dari Dalam Sumur di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor kerbau harus dievakuasi setelah masuk ke dalam sumur di Kampung Sarogol, Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Salah seorang warga, Aris (30 tahun) mengatakan, kerbau itu masuk ke dalam sumur setelah pulang diangon (digembala) pada Senin (22/3/2021) sekitar pukul 15.00 WIB kemarin. 

"Kerbau lari, tak mau nurut ke penggembala. Akhirnya kerbau itu masuk ke dalam sumur yang sudah lama tidak terpakai oleh warga setempat. Kedalaman sekitar 11 meter," ujar Aris saat dihubungi sukabumiupdate.com, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga :

"Jadi kerbau itu mau pulang, kan suka lari-larian. Pas lari masuk sumur yang sudah ada puluhan tahun ditutup sama pohon pisang dan dedaunan. Nah, si kerbau itu masuk ke situ," sambungnya.

Aris menjelaskan, penggembala kerbau sempat ingin mengevakuasi kerbau tersebut, namun karena tidak kuat mengkat kerbau di dalam sumur, ia lalu meminta pertolongan kepada warga setempat untuk dievakuasi.

"Pengembala kerbau itu sendirian. Dia berusaha ngangkat kerbau saat kaki belakang kerbau masuk sumur sebagian, tapi enggak keangkat. Nah, pas cari bantuan warga, kerbaunya keburu masuk ke dalam sumur," jelasnya.

Masih kata Aris, selanjutnya warga yang akan melakukan evakuasi kerbau tidak berhasil akhirnya meminta pertolongan pemadam kebakaran (Damkar) Palabuhanratu.

photoSeekor kerbau harus dievakuasi setelah masuk ke dalam sumur di Kampung Sarogol, Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. - (Istimewa)</span

"Karena enggak bisa diangkat sama warga, akhirnya atas persetejuan pemilik minta bantuan damkar. Alhamdulillah dua jam setelah itu kerbau berhasil dievakuasi," kata Aris.

Dihubungi terpisah, Komandan Pos (Danpos) Damkar wilayah Palabuhanratu, Aceng Ismail membenarkan kejadian tersebut.

"Iya betul kemarin ada laporan, tapi saya enggak ikut ke lokasi soalnya lepas piket. Alhamdulillah berkat kesigapan rekan-rekan yang ke lokasi dan warga, kerbau berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat," singkatnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI