Sukabumi Update

Wisatawan Ramai, Volume Sampah di Palabuhanratu Sukabumi Meningkat

SUKABUMIUPDATE.com - Ramainya pengunjung ke kawasan wisata Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengakibatkan volume sampah meningkat.

Salah satunya tumpukan di TPSS (Tempat Pembuangan Sampah Sementara) sekitar Kampung Jaipong, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak. Sampah tampak berceceran ke pinggir jalan nasional Palabuhanratu - Cisolok.

Salah seorang warga Siti Maspupah (32 tahun) mengatakan peningkatan volume sampah di TPSS tersebut diakibatkan banyaknya masyarakat yang membuang sampah. Namun menurutnya sampah-sampah yang berceceran bukan dihasilkan warga sekitar yang melakukan, melainkan warga pengunjung yang sengaja membuang sampah ke tempat pembuangan.

Baca Juga :

"Kalau dari pantauan saya, sampah sampah ini dibuang kemungkinan pengunjung yang melintas sesaat sepulang dari kawasan objek wisata," ujarnya, Minggu, 4 April 2021.

Maspupah menjelaskan, tumpukan sampah di TPSS biasanya diangkut petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup setiap hari, namun mengingat saat ini hari libur kemungkinan diangkut Senin esok.

"Tiap hari juga diangkut. Kan sekarang hari libur petugasnya pada libur mungkin, jadinya sampah dibiarkan begitu," jelasnya.

photoRamainya pengunjung ke kawasan wisata Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengakibatkan volume sampah meningkat, Minggu (4/4/2021). - (SU/Nandi)</span

Warga lainnya, Ugan Sugandi menyebut hampir semua tempat pembuangan sampah sementara di jalur wisata menumpuk.

"Tumpukan sampah itu tentunya mengganggu yang melintas, bau busuknya menyengat. Mudah-mudahan segera diangkut petugas, kalau dibiarkan takutnya menyebarkan penyakit untuk warga sekitar juga," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI