Sukabumi Update

Peran Homecare dalam Penanganan Kasus Corona di Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kota Sukabumi memiliki program unggulan yang kini sangat berkontribusi dalam penanganan kasus Virus Corona. Program tersebut bernama Homecare.

Program ini semula dirancang untuk memfasilitasi kebutuhan warga terhadap akses kesehatan, namun terkendala biaya sehingga tidak bisa ke rumah sakit. Petugas Homecare akan datang ke rumah warga dan memberikan penanganan kesehatan di sana. 

Namun sejak Pandemi Covid-19 muncul, ada peran lain yang juga dijalankan para petugas Homecare. Mereka ikut membantu dalam pelacakan kasus dan menangani pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Penunjang Kesehatan Kota Sukabumi Tuti Hasanah mengatakan ada 33 petugas Homecare di 33 kelurahan yang ikut terlibat dalam penanganan Covid-19.

"Homecare tugasnya tetap terlibat di tracing, pemantauan yang isolasi mandiri dan observasi," kata Tuti kepada sukabumiupdate.com, Sabtu, 17 April 2021. 

"Dalam proses tracing, ikut menjadi bagian dengan tim dari puskesmas tempat mereka tugas," tambahnya. 

Selain dalam pelacakan kasus, para petugas Homecare ini pun membantu memantau pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah. 

"Jadi petugas Homecare juga memantau pasien isolasi mandiri di rumahnya masing-masing," jelas Tuti.

Sebelumnya program Homecare pun masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI