Sukabumi Update

Cara Kerja Ambulans SIGAP saat Menjemput Pasien Corona di Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Selain Homecare, program unggulan Kota Sukabumi lainnya yang juga berkontribusi aktif dalam penanganan kasus Virus Corona adalah Ambulans SIGAP alias Siap, seGera, Ikhlas Antar jemput Pasien.

Dalam pelaksanaannya, program Ambulans SIGAP ini saling terintegrasi dengan Homecare. Saat penanganan Covid-19, para petugas Ambulans SIGAP siap menjemput maupun merujuk pasien dari rumah ke rumah sakit atau sebaliknya. Bahkan ada pula yang mengantar dari rumah sakit ke rumah sakit.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Penunjang Kesehatan Kota Sukabumi Tuti Hasanah mengatakan petugas Ambulans SIGAP akan berkoordinasi dengan Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Sukabumi sebelum melakukan penjemputan.

Baca Juga :

"Karena otomatis pasen tersebut sudah diketahui oleh institusi yang bersangkutan dengan statusnya. Kami juga koordinasi khusus dengan rumah sakit rujukan, karena cuma satu Rumah Sakit Umum Daerah R Syamsudin SH. Kalau penuh kami nyari ke rumah sakit lain, meski harus ke luar kota ," jelas Tuti kepada sukabumiupdate.com, Sabtu, 17 April 2021.

Dalam penjemputan ini petugas Ambulans SIGAP telah dilengkapi alat yang memadai sesuai standar operasional prosedur. Biasanya satu kali penjemputan itu akan dilakukan oleh dua perawat dan satu driver atau sopir.

"Waktu kita SIGAP siaga tentunya ada standar operasional prosedur respon time dari awal terima telepon atau instruksi. Persiapan perlindungan diri sampai lari ke ambulans dan start ambulans," kata Tuti. "Waktu sampai ke rumah sakit tentunya tergantung situasi di lapangan ketika proses penjemputan dan saat di perjalanan," pungkasnya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI