Sukabumi Update

Serunya Ngabuburit Naik Delman di Sukabumi, Cukup Bayar Rp 2.000

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan ketika menunggu waktu berbuka atau ngabuburit di Kota Sukabumi, salah satunya naik Delman. Kendaraan yang mengandalkan tenaga kuda ini bisa ditemui di Jalan Pemuda, Kelurahan Citamiang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. 

Untuk ongkos naik delman ini Rp 2.000 per orang dengan rute dari Jalan Pemuda ke lampu merah Otista bolak-balik.

Baca Juga :

Ketika Ramadhan, Delman beroperasi dari pukul 15.00 WIB hingga menjelang magrib, ada pun penumpangnya kebanyakan anak-anak. 

Para pemilik delman menjadikan bulan Ramadhan untuk meraup rezeki dan bukan kali ini saja delman menjadi hiburan bagi warga terutama anak-anak yang menunggu waktu berbuka.

"Dari zaman kakek saya tradisi ngabuburit ini sudah terjadi dan setiap bulan Ramadhan saya pasti mencari nafkah disini, kita pun mematok harga hanya Rp 2.000 per orang. kalau ramai dalam sehari bisa dapat Rp 200.000 kalau lagi sepi paling Rp 50.000," ujar Andre, kusir delman.

Andre mengatakan, kalau dulu delman yang beroperasi saat Ramadhan bisa mencapai 20 atau 30. Namun sekarang hanya  7 paling banyak 10 delman. Kusir delman pun berharap, ngabuburit pakai delman jangan sampai hilang.

"Selain kita mencari nafkah kita juga harus bisa mempertahankan tradisi ngabuburit ini," ungkapnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI