Sukabumi Update

Belajar Online di Pinggir Irigasi, Internet Lemot di Palabuhanratu Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Persoalan lemotnya koneksi internet masih menjadi kendala pelaksanaan belajar online di daerah pelosok. Hal itu yang dialami siswa SD di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, mereka belajar di pinggir Irigasi karena lokasi itu memiliki koneksi internet yang lumayan.

Yusup (12 tahun) adalah salah satu siswa yang belajar di tempat itu. Sebelum menemukan tempat itu, anak asal Kampung Potongan RT 05/09, Kedusunan Bantar Henca, Desa Tonjong, Kecamatan Palabuhanratu, itu harus mencari tempat yang memiliki jaringan internet yang dirasa cukup baik.

Baca Juga :

Siswa kelas 6 SD Bantar Henca itu kemudian menemukan satu tempat yang jaringan internetnya lumayan tapi berada di pinggir irigasi itu. "Karena di rumah gak ada sinyal, kadang bagus kadang jelek, semua jaringan jelek makanya belajar disini terpaksa juga," kata Yusuf kepada sukabumiupdate.com, Jumat (23/4/20201).

photoSiswa SD yang belajar di tengah kebun pinggir irigasi di Kampung Potongan RT 05/09, Desa Tonjong, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.  (Nandi)

Belajar di pinggir irigasi itu dilakukan Yusup sejak pemerintah memberlakukan belajar daring. "Sudah lama, sudah biasa disini, jadi kalau mau melihat ada tugas sekolah atau tidak, mengerjakan tugas ya harus kesini dulu," jelasnya.

Kesulitan jaringan internet tak hanya dialami siswa ketika belajar online, warga pun merasakan hal serupa terutama bagi mereka yang membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan usaha.

Suhendi (28 tahun), salah satunya. Dia membuka usaha pembayaran listrik dan berjualan secara online akan tetapi koneksi internet yang buruk menghambat usahanya itu. Ia pun berharap pemerintah menyediakan fasilitas ataupun melakukan pemasangan jaringan telekomunikasi.

"Saya sebagai penerima pembayaran listrik, penjual online juga, semua pakai internet. Susah (koneksi internet) harus cari tempat atau lokasi yang ada sinyal, mudah-mudahan pihak berwenang segera melakukan pemasangan BTS atau apalah biar disini gak susah sinyal," katanya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI