Sukabumi Update

Food Bank PKB Sukabumi, Bangkitkan Usaha Kecil di Masa Pandemi

SUKABUMIUPDATE.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sukabumi mempunyai cara tersendiri untuk membangkitkan usaha kecil yang terdampak pandemi COVID-19, yaitu melalui gerakan Food Bank.

Bendahara DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Anwar Sadad menjelaskan gerakan Food Bank adalah instruksi dari DPP PKB yang wajib dilaksanakan pengurus di daerah dalam rangkaian gerakan Aksi Melayani Indonesia (AMI).

"Gerakan ini juga sebagai salah satu upaya membantu masyarakat kurang mampu sekaligus mendongkrak sektor usaha kecil yang terpuruk akibat pandemi COVID-19, dengan harapan roda perekonomian terus berputar," kata Anwar kepada sukabumiupdate.com, Jumat, 23 April 2021.

Baca Juga :

Gerakan Food Bank, lanjut Anwar Sadad, diharapkan membawa manfaat untuk masyarakat Kabupaten Sukabumi

"Kami akan mengerakan para kader dan pengurus PKB untuk menjaga, agar gerakan ini bisa istiqomah sampai pandemi benar-benar berakhir dan kondisi ekonomi kembali bangkit," imbuhnya.

Anwar menjelaskan, konsep Food Bank ini adalah membeli makanan dari pedagang kecil yang kemudian kembali disalurkan kepada beberapa kalangan masyarakat seperti komunitas ojek online, anak yatim piatu, pedagang keliling, serta kalangan lain yang membutuhkan.

"Dengan demikian, di satu sisi omzet penjual makanan kembali naik, di sisi lain mereka yang membutuhkan bisa mendapatkan bantuan makanan siap saji," jelasnya.

Menurutnya, dampak pandemi COVID-19 terhadap ekonomi cukup luar biasa. Bisa dicontohkan di sektor kuliner, pedagang makanan seperti pemilik warung tegal, warung tenda, hingga pedagang kaki lima rata-rata mengalami penurunan omzet hingga 70 persen.

photoPKB Kabupaten Sukabumi mempunyai cara tersendiri untuk membangkitkan usaha kecil yang terdampak pandemi COVID-19, yaitu melalui gerakan Food Bank. - (Istimewa)</span

Pembatasan sosial maupun pembatasan fisik juga membuat sebagian besar konsumen menahan diri untuk membeli makanan dari luar rumah.

"Kondisi itu membuat banyak pedagang kuliner yang menutup usaha karena terus merugi, sehingga memunculkan banyak pengangguran baru. Melalui gerakan Food Bank, DPC PKB Sukabumi akan mencoba sedikit membantu para pedagang kecil ini dengan meningkatkan omzet dagangan mereka," ungkap Anwar.

Food Bank DPC PKB Sukabumi ini, masih kata Anwar, berdasarkan perintah DPP dan DPW harus dilaksanakan hingga akhir tahun 2021, dan digelar serentak oleh seluruh pengurus DPC PKB dan anggota fraksi, mulai dari cabang hingga Dapil. "Gerakan ini pun merupakan bagian dari politik kehadiran yang menjadi komitmen PKB," pungkas Anwar.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI