Sukabumi Update

Pelatihan Refleksi yang Digelar Ayep Zaki di Desa Cihanjawar Masuk Sesi Keempat

SUKABUMIUPDATE.com - H. Ayep Zaki bersama Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) dan Pemerintah Desa Cihanjawar kembali menggelar kegiatan pelatihan Refleksi H. Uhud sesi keempat di Aula Kantor Desa Cihanjawar, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (30/4/2021).

Kegiatan pelatihan refleksi sesi keempat ini merupakan kelanjutan dari sesi sebelumnya yang dilaksanakan tanggal 9, 17, dan 23 April lalu.

Baca Juga :

Pelatihan dilakukan oleh Ajat Sudrajat selaku instruktur terapis pijat Refleksi H. Uhud tersertifikasi didampingi oleh petugas terapis Refleksi H. Uhud, Rosidin dan Ketua LKP Doa Bangsa Selakopi, Hendi Suhendi, memandu acara pelatihan yang dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB. Untuk materi pelatihan diawali dengan senam dasar khusus sebagai tahap persiapan, pemberian materi refleksi khusus bagian kaki dan diakhiri dengan praktik pijat refleksi.

Pada pertemuan keempat ini, peserta yang merupakan warga Desa Cihanjawar diajarkan tentang pengenalan, pemahaman fungsi, ukuran tekanan dan alur meridian titik-titik saraf pada bagian kaki dengan sasaran dari mulai ujung jari kaki sampai pangkal paha. 

Diharapkan peserta pelatihan dapat mengetahui titik-titik saraf pada bagian kaki, memahami fungsi titik-titik saraf di bagian kaki, menentukan posisi semua titik-titik saraf pada bagian kaki dengan tepat,  dapat mengukur tekanan pijatan pada setiap titik refleksi bagian kaki, dan dapat menentukan alur meridian titik syaraf pada bagian kaki.

Kepala Desa Cihanjawar, Dodi Rahmat, S.Pd. berharap ketika peserta sudah tersertifikasi maka para peserta bisa berdaya guna, bisa berkembang dan bisa memenuhi pendapatan yang senantiasa terus berkesinambungan. 

"Mudah-mudahan kerjasama ini senantiasa berjalan lancar dan tentunya output yang diharapkan oleh semua yaitu mereka yang mengikuti pelatihan ini menjadi sebuah pioneer /entrepreneur-entrepreneur sejati wabil khusus di bidang kesehatan dan poin yang paling penting adalah dengan refleksi ini semoga memberikan kesadaran kesehatan kepada seluruh masyarakat Desa Cihanjawar agar tidak ketergantungan terhadap obat-obatan kimia” ungkap Dodi.

Para peserta begitu antusias dengan kegiatan tersebut. Mereka mengatakan akan serius berkarya di bidang refleksi, “Alhamdulillah bisa mempelajari Teknik Refleksi H. Uhud dan siap mengikuti kegiatan sampai selesai untuk dapat berkarya di bidang refleksi” ucap salah satu peserta, Ojan.

Dalam pelaksanaannya, tim refleksi berterima kasih atas kerjasama seluruh peserta pelatihan ini. Hingga pertemuan keempat ini respon peserta masih bagus dan mereka sangat antusias. 

"Alhamdulillah materi yang dipelajari dalam pelatihan ini selalu dipraktekan oleh mereka di rumah dan lingkungannya masing-masing. Tentunya hal tersebut sejalan dengan yang diharapkan oleh Bapak Ayep Zaki dalam mewujudkan program Sukabumi Sehat ini” ungkap Ajat Sudrajat yang juga sebagai Koordinator Bidang Usaha refleksi sekaligus kepala satuan tugas kesehatan FKDB

Di tempat terpisah, Bapak Ayep Zaki menyampaikan bahwa akan terus konsisten dalam kegiatan pelatihan refleksi ini sebagai wujud kepedulian akan kesehatan warga Sukabumi sekaligus membuka lapangan usaha karena dengan memiliki keahlian pijat refleksi, secara otomatis bisa melayani masyarakat secara mandiri.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI