Sukabumi Update

Pagi Diangkut Sore Numpuk Lagi, Sampah Jajanan di Pantai Citepus Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Walaupun ada pembatasan bahkan penutupan untuk pengunjung dari luar Sukabumi, sampah sisah jajanan wisatawan tetap menumpuk di pesisir Pantai. Salah satunya di pantai Citepus Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pantauan sukabumiupdate.com, Selasa (18/5/2021) sekitar pukul 11.00 WIB, salah satu spot yang ditemukan penumpukan sampah ada di taman ruang terbuka hijau tepatnya di depan balai Desa Citepus. Sampah didominasi bekas jajanan wisatawan ini sudah dikumpulkan di salah satu sudut, pinggir pagar, siap diangkut oleh petugas kebersihan.

Adji (43 tahun) salah seorang pedagang di lokasi tersebut menjelaskan bahwa mereka berkewajiban memungut dan mengumpulkan sampah di lokasi tersebut. Dari sana sampah yang kebanyakan cangkang kelapa muda dan bekas makanan atau minuman ini dikumpulkan di satu titik.

"Kami dibantu oleh pemuda karang taruna Desa Citepus," jelasnya kepada sukabumiupdate.com.

photoSampah ditumpukan di pinggir RTH Citepus menunggu diangkut - (NANDI)</span

Adji menambahkan bahwa setiap hari sampah yang sudah dikumpulkan itu diangkut oleh petugas kebersihan yang datang dengan truk. "Ini tiap hari diangkut petugas kebersihan, sejak kemarin banyak pengunjung jadinya sampah yang dihasilkan banyak, petugas sampah sampai harus dua kali mengangkut, pagi dan sore," ujarnya.

 "Petugas kewalahan sepertinya, biasanya satu mobil dalam sehari sebelum libur lebaran ini, bisa dilihat, tadi pagi diangkut, sekarang sudah menumpuk lagi," sambung Adji.

Baca Juga :

Volume sampah selama musim libur lebaran tahun ini tetap meningkat, tak hanya sampah wisata tapi juga dari rumah tangga. Jamal (37 tahun) warga Palabuhanratu menjelaskan bahwa tak hanya di area wisata, sampah yang menumpuk di tempat pembuangan sementara (TPS), menunggu diangkut oleh petugas.

 "Sampah sampah rumah tangga juga ada peningkatan, tadi saya lewat habis di pasar di TPS pinggir jalan juga banyak dipenuhi sampah," singkatnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI