Sukabumi Update

Masker Bekas Kotori Pantai di Sukabumi, Relawan Kumpulkan Sampah Hingga 100 Kantong

SUKABUMIUPDATE.com - Karang Taruna Desa Pangumbahan serta Organisasi Kepemudaan (OKP) membersihkan sampah di kawasan objek wisata pantai di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (19/5/2021). Sampah sisa pengunjung itu berupa bekas kemasan makanan dan minuman bahkan masker.

Aksi bersih-bersih pesisir pantai oleh relawan itu dilakukan sejauh 2 kilometer, dimulai dari Muara Cigebang perbatasan Pantai Ujung Genteng dengan Pantai Pangumbahan hingga ke Pantai Batununggul.

Baca Juga :

Wakil Ketua Karang Taruna Desa Pangumbahan, Riyandi mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai itu rutin dilakukan setelah libur panjang berakhir, termasuk libur Lebaran tahun ini. 

Menurut dia, sampah bekas makanan dan minuman serta masker itu dipungut dari pesisir pantai lalu dikumpulkan kemudian dibakar. "Total semua sampah mendapat 100 kantong diantaranya ada sampah plastik sebanyak 50 kantong," jelasnya. 

photoKarang Taruna Desa Pangumbahan serta OKP membersihkan sampah di kawasan objek wisata pantai di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (19/5/2021). (Istimewa)

Sementara itu, Baenuri salah satu relawan yang terlibat dalam aksi bersih-bersih itu menyatakan, di objek wisata Pantai Pangumbahan tersedia tong sampah. Namun, kesadaran pengunjung terhadap kebersihan kurang sehingga pantai menjadi kotor.

Menurut Anggota FKPPI, itu masker bekas yang berhasil dikumpulkan dari pesisir pantai itu mencapai setengah kantong kresek. Dia pun berharap, pengunjung bisa sama-sama menjaga kebersihan tempat wisata dengan membuang sampah pada tempatnya terutama soal masker bekas.

"Alhamdulilah semua pemuda dan OKP, kompak melakukan kegiatan bersih-bersih tersebut," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI