Sukabumi Update

BPBD Kota Sukabumi Gelar Simulasi Siaga Bencana, Libatkan Belasan Komunitas

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Sukabumi menggelar simulasi aksi siaga bencana yang diikuti belasan komunitas relawan penanggulangan bencana, Kamis, 20 Mei 2021.

Simulasi ini merupakan tahap akhir dari sosialisasi komunikasi, informasi, dan edukasi bagi komunitas penanggulangan bencana yang bertujuan mengoptimalisasi kapasitas relawan ketika menghadapi kegawatdaruratan.

"Karena posisi dia sebagai petugas kebencanaan akan membantu ketika terjadi situasi darurat," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami.

Baca Juga :

Kegiatan yang dimulai sejak 18 Mei 2021 di kompleks kantor BPBD Kota Sukabumi ini diikuti 14 komunitas penanggulangan bencana. Mereka dibekali pemahaman tentang kesiapsiagaan bencana.

"Dalam simulasi ini juga dilakukan bagaimana evakuasi dari lokasi yang sulit diakses ketika terjadi bencana," ujar Zulkarnain.

Zulkarnain menyebut sikap siap siaga menghadapi bencana harus dimulai dari diri sendiri. "Sikap siaga menghadapi bencana itu juga harus dimiliki oleh seluruh elemen masyarakat," katanya.

"Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas, kesiapan, dan pemahaman relawan dalam menghadapi risiko bencana di Kota Sukabumi," ujar Zulkarnain.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI