Sukabumi Update

Nelayan Surade Sukabumi Hilang Dihantam Gelombang Pasang, Perahu Tenggelam

SUKABUMIUPDATE.com - Perahu nelayan mengalami kecelakaan laut di perairan Minajaya, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/5/2021). Peristiwa yang disebabkan gelombang pasang ini menyebab seorang nelayan hilang dan perahu hancur kemudian tenggelam.

Nelayan yang hilang merupakan Anak Buah Kapal (ABK) bernama Abdul Muhi alias Akang (23 tahun) warga Kampung Cikadu, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade. Sedangkan satu nelayan lagi yang merupakan Juru mudi perahu bernama Jaya (30 tahun) selamat dan sudah dievakuasi ke Pantai Ujung Genteng.

Baca Juga :

Ketua Rukun Nelayan Minajaya, Yayat Suryatna menyatakan, kecelakaan laut yang dialami perahu piber bernama Merdeka itu terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Penyebab kecelakaan laut itu akibat gelombang pasang air laut yang memicu ombak hingga ketinggian 4-5 meter.

"Perahu tersebut mau bersandar ke Pantai Kutamara di kawasan perairan Minajaya namun dihantam ombak. Lokasi kejadian sekitar 1 kilometer dari pesisir Pantai Minajaya. Memang kondisi laut dari kemarin sudah buruk," kata Yayat kepada sukabumiupdate.com. 

Yayat menuturkan, perahu tersebut melaut pada Selasa (25/5/2021) sekitar pukul 16.00 WIB. Bahkan nelayan lain sudah memperingatkan agar perahu tersebut tidak beroperasi karena cuaca buruk. "Saya kaget mendengar laporan ada perahu yang turun. Padahal peringatan BMKG sudah kami informasikan kepada para nelayan," jelasnya. 

Yayat menyatakan dari informasi nelayan, bahwa juru mudi atau tekong bernama Jaya terselamatkan dan dievakuasi ke Pantai Ujung Genteng. "Sementara untuk ABK masih dalam pencarian, sedangkan perahu hancur dan tenggelam," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI