Sukabumi Update

Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan, Desa Kadununggal Sukabumi Gelar Pembekalan SDGs

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia terus berupaya mewujudkan Sustainable Development Goals atau SDGs di berbagai tingkatan, termasuk desa. Langkah ini dilakukan demi terciptanya beberapa target seperti pengentasan kemiskinan, pemerataan ekonomi, peduli kesehatan, dan lain-lain. Usaha ini pun turut dijalankan Pemerintah Desa Kadununggal, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi.

Sebagai upaya menyukseskan program SDGs tersebut, Pemerintah Desa Kadununggal menggelar pembekalan mengenai teknik pendataan SDGs Desa tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan pada 28 Mei 2021 lalu di aula kantor Desa Kadununggal.

Pendamping Lokal Desa Kadununggal Verawati Fajrin mengatakan pembekalan tersebut tetap mengacu kepada Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nasional.

Verawati berujar dalam peraturan presiden itu dikatakan ada 17 tujuan pembangunan berkelanjutan nasional, yang kemudian SDGs Desa menambah satu tujuan lain, sehingga total ada 18 tujuan pembangunan berkelanjutan desa.

"ketika sudah selesai pendataan nanti akan ada status desa, masuk ke desa miskin kah, desa kelaparaan kah, atau desa apa, sesuai dengan SDGs yang 18 poin," terangnya kepada sukabumiupdate.com. Kegiatan ini turut dihadiri berbagai pihak.

Baca Juga :

Sementara Muhammad Yusuf selaku Kepala Desa Kadununggal mengaku mendukung penuh kegiatan pendataan SDGs dengan harapan data yang diperoleh adalah data yang akurat demi terwujudnya pembangunan berkalnjutan, terutama pada poin desa wisata.

"Harapannya ada dukungan dari berbagai instansi pemerintah dan masyarakat setempat serta pemberdayaan BUMDes sebagai upaya mengoptimalkan potensi dan sumber daya desa," kata dia.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI