Sukabumi Update

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Penggiat Alam Sukabumi Angkat Permasalahan Iklim

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah pemuda yang terhimpun dalam forum penggiat alam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Mereka melaksanakan aksi protes non kekerasan yang mengangkat tema jeda untuk iklim sesuai dengan seruan sekjen PBB Antonio Guterres kepada seluruh pemimpin dunia pada desember 2020 lalu.

Dalam kegiatan tersebut, peserta aksi tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti arahan pemerintah, dengan begitu aksi ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapat antusias baik dari masyarakat setempat.

Baca Juga :

"Aksi ini adalah bentuk sosialisasi terhadap masyarakat mengenai permasalahan iklim di indonesia dan dunia. Selain itu aksi ini pun bentuk edukasi terhadap masyarakat mengenai pemanfaatan dan pemeliharaan lingkungan yang terjadi di masyarakat terutama dalam masalah sampah," ujar Muhammad Akbar Rizal, salah satu peserta pada kegiatan tersebut.

"Aksi ini pula menjadi bentuk advokasi terhadap kebijakan kebijakan pemerintah yang kiranya tak sesuai dengan pelestarian lingkungan yang berskala makro," imbuhnya.

Menurut dia, dengan begitu kesadaran masyarakat dan kepekaan pemerintah adalah hal yang amat menunjang dalam tujuan aksi ini. 

"Peserta aksi berharap apabila semua tuntutan menjadi bahan evaluasi untuk masyarakat yang kurang melihat masalah lingkungan dan bahan evaluasi pula kepada pemerintah sebagai pembuat kebijakan kebijakan yang berlaku di masyarakat," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI