Sukabumi Update

Pohon Tumbang di Cikakak Sukabumi Rusak Bangunan dan Padamkan Aliran Listrik

SUKABUMIUPDATE.com - Pohon tumbang di Jalan Kampung Sukawayana Desa Cikakak menuju Desa Sukamaju, Kabupaten Sukabumi berhasil dievakuasi pada pukul 20.00 WIB. Sebelumnya pohon jenis puspa berdiameter 50 hingga 60 sentimeter itu menimpa rumah warga setelah hujan deras pada Minggu, 6 Juni 2021 sore.

Selain menimpa rumah warga dan satu rumah toko alias ruko, Ketua Forum Komunikasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi Okih Fajri Assidiq mengatakan pohon tersebut juga sebelumnya menutup akses menuju Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. "Alhamdulillah tim gabungan dan masyarakat saling kerja sama mengevakuasi pohon," katanya.

Okih memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Namun ia menyebut satu rumah warga dan satu ruko mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan rata-rata terdapat pada bagian atap, tempak depan bangunan, jendela, genting, dan asbes.

Saat ini bagian pohon tersebut telah dipindahkan ke pinggir jalan. Petugas gabungan dibantu warga sekitar pun membersihkan bagian-bagian kecil potongan pohon. "Termasuk daun-daun dan lintasan kabel yang belumnya terimpa pohon," kata Okih.

"Untuk masyarakat di Kabupaten Sukabumi, khususnya Cikakak, Palabuhanratu, dan sekitarnya, intensitas hujan masih fluktuatif berdasarkan  BMKG wilayah Jawa Barat. Sukabumi diharap waspada saat terjadi hujan disertai angin dan kilat," ucap dia mengingatkan masyarakat.

Baca Juga :

Insiden pohon tumbang ini juga menyebabkan padamnya aliran listrik di beberapa desa di Kecamatan Cikakak, antara lain Desa Sukamaju, Cilengsing, Sirnarasa, dan Ridogalih. Pelayan Teknik Posko Cikelat Unit Layanan Pelanggan Palabuhanratu, Wahyudin mengatakan ada dua tiang listrik yang rusak akibat tertimpa pohon.

"Diusahakan sampai tiga jam ini perbaikan. Awalnya kita tidak tahu persis, hanya terima laporan padam listrik sebabnya ada pohon besar tumbang menimpa kabel," kata dia. "Mungkin sampai besok pagi telatnya selesai, diusahakan target recovery tiga jam. Petugas PLN yang diterjunkan sekira 12 orang dengan tiga kendaraan," jelas Wahyudin.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI