Sukabumi Update

DPRD Kabupaten Sukabumi Minta BUMDes Maksimalkan Perannya

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi melaksanakan kunjungan kerja ke DPMD Kabupaten Bogor pada Selasa 8 Juni 2021 lalu. Koordinator Komisi I beserta rombongan diterima kepala DPMD Kabupaten Bogor beserta staf dan jajaranya termasuk Ketua Forum BUMDes Kabupaten Bogor.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana mengatakan, pada pertemuan tersebut banyak sekali informasi yang diterima, diantaranya mengenai salah satu BUMDes di Kecamatan Cibinong yang sudah mandiri. BUMDes tersebut mengelola perpajakan sehingga sudah bisa menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) hampir Rp 800 juta. 

Baca Juga :

Apa yang telah dicapai oleh BUMDes tersebut, kata Andri harus bisa dilakukan di Kabupaten Sukabumi. "Ilmu dan strategi itulah yang kita akan terapkan di Kabupaten Sukabumi. Di tahun selanjutnya kita akan implementasikan di BUMDes Kabupaten Sukabumi," jelasnya.

Anggota DPRD dari Fraksi PPP itu menyatakan, apabila BUMDes sudah bisa menyumbang PADes maka bisa membantu pemerintah untuk mencapai pendapatan yang maksimal. Sehingga pembangunan bisa didanai oleh sumber pendapatan dari BUMDes. 

Andri yakin BUMDes di Kabupaten Sukabumi bisa berperan aktif memaksimalkan perannya, sebab Sumber Daya Alam Kabupaten Sukabumi yang sangat melimpah. BUMDes di Kabupaten Sukabumi, kata Andri bisa fokus terhadap bidang pariwisata, pertanian dan kelautan dan yang lainnya termasuk mengelola CSR

"Mudah-mudahan hasil kunker ini bisa menjadi modal ilmu yang baik untuk kemajuan BUMDes di Kabupaten Sukabumi. Karena BUMDes kita selama ini ibarat kata hidup segan mati tak mau," pungkas Andri.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI