Sukabumi Update

Melihat Semangat Warga Desa Nangela Sukabumi di Balik Program Lisdes

SUKABUMIUPDATE.com - Pemasangan tiang untuk program listrik desa atau lisdes ke sejumlah kampung di Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi masih berlangsung hingga kini. Dari data, ada sebanyak 222 Kepala Keluarga yang belum menikmati listrik di desa tersebut. 

Jumlah tersebut tersebar di lima kampung yaitu Kampung Cikuya RT 07/03 sebanyak 42 KK, Kampung Sukasirna RT 05/02 sebanyak 68 KK, Kampung Caringin 06/02 sebanyak 56 KK, Palatarpari RT 15/04 sebanyak 23 KK, Kampung Gunungtilu RT 10/03 sebanyak 33 KK.  

Baca Juga :

Sebelumnya,  PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukabumi menyatakan, pemasangan tiang Listrik di Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi merupakan program Listrik desa atau lisdes. 

"Kami baru dapat informasi langsung dari Pelaksana Proyek Kelistrikan (UP2K) Jabar, betul [pemasangan tiang] untuk program Listrik desa di Desa Nangela," ujar Humas PLN UP3 Sukabumi Wiwin Darwati kepada sukabumiupdate.com, Senin (14/6/2021).

Wiwin menyatakan, saat ini dimulai penggalian lubang untuk penanaman tiang-tiang. Adapun tiang yang akan berdiri yaitu tiang tegangan rendah 160 tiang, tiang tegangan menengah  42 bantang dan 2 gardu.

photoKades Nangela Sudin menunjukan tiang yang dipasang untuk mengalirkan listrik ke kampung di desa tersebut. (Istimewa)

Sementara itu, Desa Nangela yang berdiri sekitar tahun 1981 dan 1981 merupakan pecahan dari Desa Bangbayang. Kemudian desa tersebut memiliki Kepala Desa definitif mulai tahun 1988.

Saat ini desa tersebut memiliki 1.064 KK yang terdiri dari 3.337 jiwa dengan rincian laki-laki 1.592 dan perempuan 1.745.

Kepala Desa Nangela Sudin mengatakan pemasangan tiang memasuki hari empat pada hari ini, Selasa (15/6/2021). Dalam pelaksanaannya, warga bahu membahu membantu. 

Adapun dalam pemasangan tiang tersebut terkendala akses jalan, sebab kampung tersebut berada di pelosok. Kendati begitu, warga sangat antusias dan berharap semua proses berjalan tanpa kendala. "Kami berharap pengerjaan tidak ada hambatan karena warga sangat menantikan fasilitas penerangan listrik," jelas Sudin.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI