Sukabumi Update

Kontak Erat, Wartawan di Sukabumi Lakukan Tes Covid-19

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah wartawan yang bertugas di Sukabumi menjalani tes swab PCR karena kontak erat dengan wartawan lain yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka yang ikut tes Covid-19 di UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Sukabumi pada Kamis (17/6/2021) itu, terdiri dari wartawan televisi, online dan media lainnya.

Sebelumnya, satgas penanganan Covid-19 Kota Sukabumi menduga wartawan terpapar Corona dari pertemuan non formal yang dilakukan komunitas dan salah satu organisasi wartawan.

Baca Juga :

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Sukabumi Apit Haeruman mengungkapkan dukungannya terhadap tracing yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi. Dia juga berharap para wartawan yang menjalani tes Covid-19 itu negatif. 

"Kami dari teman-teman IJTI mendukung tracing yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi kepada teman-taman media dan mudah-mudahan hasil tracing yang sekarang ini tidak positif. Kita masih menunggu hasilnya karena belum keluar hari ini mungkin besok hasilnya," ujarnya. 

Wartawan Metro TV itu meminta wartawan yang merasa kontak erat agar mengurangi aktivitas kegiatan liputan dan melakukan isolasi mandiri. "Kami minta kepada teman-teman untuk terus menerapkan protokol kesehatan, tidak berkerumun dulu, dan mengurangi aktivitas kegiatan liputan. Yang pasti kita menghimbau untuk isolasi mandiri dulu sampai keluar hasil tes swab PCR," tuturnya. 

Apit menegaskan, tes Covid-19 ini untuk meyakinkan kondisi dari para wartawan sebab dalam melaksanakan tugas peliputan selalu bersama-sama. "Kita sempat bareng karena tugasnya sama-sama liputan, pernah berkumpul, pernah kontak erat jadi untuk meyakinkan kita juga agar tau kondisi kita, makanya kita semua ikut swab," tegasnya.

Terpisah, Kabid P2P Dinkes Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati menyatakan pada Kamis (17/6/2021) ada sebanyak 314 orang yang di swab. "Yang terdiri dari suspect dan kontak erat," ujar Lulis.

Dari jumlah itu, 26 orang yang melakukan tes Covid-19 adalah kontak erat dengan wartawan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI