Sukabumi Update

Luncurkan OPAC, Strategi Kota Sukabumi Tingkatkan Literasi di Tengah Pandemi

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi terus mencari formula agar aktivitas literasi tetap berjalan di tengah Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai.

Meski saat ini warga tidak bisa menikmati perpustakaan umum dengan membaca buku di tempat, namun ada strategi lain yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Pustakawan Ahli Utama Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu mengatakan saat ini telah diterapkan sistem Online Publick Acces Catalog atau OPAC.

"Dulu katalog berupa kartu, sekarang pakai sistem," kata Nicke, Jumat, 18 Juni 2021.

Saat ini di Perpustakaan Umum Kota Sukabumi tersedia dua komputer yang bisa digunakan untuk menelusuri bahan bacaan alias buku melalui OPAC. "InsyaAllah kalau sudah jalan bisa melalui Android juga," kata Nicke.

Selepas buku yang dimaksud ditemukan, maka peminjaman tinggal dilanjutkan ke petugas perpustakaan. "Data anggota juga di-input, jadi kalau pinjam tinggal barcode kartu anggota," tambahnya.

Baca Juga :

Di tengah Pandemi Covid-19, Nicke juga mengajak masyarakat agar mengisi waktu dengan aktivitas literasi melalui platform digital yang positif. Sebab sisi lain dari pandemi adalah hadirnya tuntutan untuk memperkaya ilmu teknologi informasi.

"Karena akan tertinggal jika kita tidak mau belajar," kata Nicke.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI