Sukabumi Update

Kanker Lidah, Warga Ujunggenteng Sukabumi Minum Pun Pakai Selang

SUKABUMIUPDATE.com - Itoh (40 tahun) warga Kampung Cipaku RT 7 / 02 Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, hanya bisa pasrah dengan penyakit yang dideritanya selama 2 tahun ini. Itoh divonis mengidap kanker lidah yang sulit menekan makanan dan minuman.

Itoh adalah ibu rumah tangga, sedangkan suaminya Nuryana (45 tahun) seorang nelayan. Mereka memiliki tiga orang anak, dua sudah berkeluarga, dan satu lagi perempuan usia 3 tahun. 

"Sejak dua tahun lalu dia merasakan sakit pada bagian lidah, dan dibawa ke RSUD Jampang Kulon, divonis kanker lidah," ucap Nuryana kepada Sukabumiupdate.com, Selasa (22/6/2021).

Pernah dibawa berobat ke RS Hasan Sadikin Bandung, namun hanya satu malam pulang, kata Nuryana, begitupun saat di RSUD Jampang Kulon, dirawat paling satu malam disuruh pulang. Mereka juga rutin setiap bulan ke RSUD Bunut, bahkan ke Asyifa, namun kondisi saat ini terbentur keuangan.

Baca Juga :

"Selama ini memang menggunakan BPJS, akan tetapi butuh juga biaya hidup dan bolak balik ke rumah sakit," tuturnya. 

Menurut Nuryana, kondisi istrinya saat ini tambah parah, sudah tidak bisa bicara, makan dan minum pun harus pakai selang. Bahkan sebagian lidahnya sudah membusuk. 

"Ia hanya bisa berbaring, dan kalau ada apa - apa menggunakan bahasa isyarat," terangnya.

Alhamdulilah selama ini ungkap Nuryana mereka terbantu oleh pemilik perahu, dan rekan - rekan nelayan lainnya untuk kebutuhan berobat. "Terima kasih banyak yang sudah membantu, kami sudah bingung untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan membawa berobat istri ke rumah sakit," pungkasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI