Sukabumi Update

Nasib Rakit di Leuwi Bolang Sukabumi Setelah Jembatan Gantung Resmi Digunakan

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan gantung Leuwi Bolang yang melintang diatas Sungai Cikaso resmi digunakan oleh warga. Jembatan yang memiliki panjang 120 meter ini menghubungkan tiga desa di daerah selatan Kabupaten Sukabumi. 

Desa yang terhubung oleh jembatan ini yaitu Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud dengan Desa Cimahpar, Kecamatan Kalibunder serta Desa Banyuwangi, Kecamatan Cibitung. Peresmian jembatan ditandai dengan serah terima dari Vertical Rescue Indonesia kepada pihak Pemdes Nangela, Pemdes Cimahpar dan Pemdes Banyuwangi, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga :

Kepala Desa Nangela Sudin, mengatakan dengan dibangunnya jembatan penghubung tersebut dapat memudahkan warga dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Sudin pun mengaku, selain jembatan warga masih bisa melintasi Leuwi Bolang dengan rakit. 

"Memang akses menyebrang Leuwi Bolang ada dua pilihan, masih ada rakit dan sekarang sudah dibangun jembatan. Di saat sungai banjir tidak mungkin menggunakan rakit, warga bisa dengan aman menggunakan jembatan. Kami mengucapkan terimakasih kepada Vertical Rescue Indonesia," terangnya kepada sukabumiupdate.com.

photoWarga di daerah Selatan Kabupaten Sukabumi menggunakan rakit untuk menyeberangi Leuwi Bolang, aliran Sungai Cikaso. (dok sukabumiupdate.com)

Rakit yang digunakan warga ini berada 300 meter dari jembatan tersebut. Adapun Rakit yang digunakan warga itu terbuat dari papan kayu jati dan agar mengambang dipasang paralon sebanyak 6 batang. Rakit tidak didayung tapi operatornya membentangkan tali tambang panjang 150 meter dan kawat seling panjang 150 meter.

Tali itu yang kemudian ditarik dan Rakit pun melaju. Adapun Rakit itu memiliki ukuran panjang 6 meter kemudian lebar 2,5 meter dan bisa muat 12 orang. Selain mengangkut orang, bisa juga memuat 4 sepeda motor.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI