Sukabumi Update

PPKM Mikro di Desa Kadununggal Sukabumi, Tamu dan Warga dari Luar Kota Cek Suhu

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa Kadununggal, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro dalam upaya menangani Covid-19.

PPKM Mikro yang diterapkan di Desa Kadununggal sudah berjalan selama 3 minggu dengan melibatkan sejumlah pihak mulai unsur kesehatan dari Puskesmas Kalapanunggal, Satgas Covid-19 Kecamatan Kalapanunggal, aparatur desa, BPD, lembaga desa, karang taruna, pendamping desa hingga Bhabinkamtibmas serta babinsa.

Baca Juga :

Sekretaris Desa (Sekdes) Kadununggal, Nuryaman, menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam menindaklanjuti program penanggulangan Pandemi Covid-19, yang sudah dituangkan di dalam anggaran Dana Desa (DD), yang mengharuskan setiap desa melaksanakan PPKM skala mikro.

Menurut dia, kegiatan diawali dengan sosialisasi dari Puskesmas Kalapanunggal, terkait pola hidup sehat di tengah Pandemi. "Ini penting agar diketahui oleh masyarakat, bagaimana cara agar terhindar dari paparan Covid-19, selain itu agar masyarakat memiliki kesadaran yang tumbuh dari diri sendiri, semata-mata demi keselamatan diri dan keluarga serta lingkungan sekitar," kata Nuryaman.

Dalam kegiatan PPKM mikro ini, ada lima posko yang didirikan yaitu empat posko di empat kedusunan dan satu posko utama di kantor desa. Karena melaksanakan PPKM mikro maka protokol kesehatan menjadi hal penting, seperti cek suhu bagi tamu atau warga yang pulang kerja dari luar kota, kemudian penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitas umum serta membagikan masker kepada masyarakat.

“Apa yang kami lakukan bukan semata-mata menggugurkan kewajiban untuk melaksanakan PPKM, namun ini lebih kepada kepedulian kami, dalam melindungi masyarakat Kadununggal agar terhindar dari paparan Covid-19,” ujarnya.

photoKades Kadununggal Mochamad Yusuf mengajak masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan. (Istimewa).

Sementara itu, Kades Kadununggal Mochamad Yusuf mengapresiasi kegiatan PPKM skala mikro yang dilaksanakan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 desa dengan berbagai bentuk kegiatannya. Dia mengajak masyarakat untuk mengikuti setiap prosedur dalam pelaksanaan PPKM mikro, karena semua itu bertujuan untuk menanggulangi penyebaran Covid-19. Dengan harapan Covid-19 bisa segera berakhir.

Yusuf mengingatkan, masyarakat Desa Kadununggal untuk patuh terhadap prokes sebab hal itu yang paling penting.

“Harus dibarengi dengan kesadaran masyarakat itu sendiri dengan menerapkan prokes dalam berbagai aktivitas dengan tetap mengedepankan 5 M, ini penting agar wabah ini cepat berakhir,” pungkasnya. 

Koleksi Video Lainnya:

44 Kabupaten Kota dan 6 Provinsi Bakal Terapkan PPKM Darurat

Miris! Wanita Lempar Uang saat Ditagih Petugas PLN

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI