Sukabumi Update

Masih Cuaca Ekstrem, BPBD Kabupaten Sukabumi Ingatkan Potensi Longsor dan Banjir

SUKABUMIUPDATE.com - Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani meminta masyarakat tetap waspada. Pasalnya, cuaca ekstrem berupa hujan deras masih mengguyur Sukabumi dalam beberapa waktu terakhir.

"Mungkin ini pergeseran juga ya karena harusnya kan ini sudah memasuki musim kemarau, tapi ternyata hujan masih terus yang artinya semua masyarakat tetap harus waspada," katanya, Jumat, 2 Juli 2021.

Terutama, kata Anita, masyarakat yang tinggal di dekat tebing dan berpotensi terjadi longsor. Termasuk bencana banjir yang juga kerap terjadi di beberapa titik di Kabupaten Sukabumi. "Jadi kepada masyarakat tetap waspada," sambung dia.

Anita juga meminta masyarakat secara gotong royong membersihkan saluran air, terutama yang dipenuhi sampah. Ia juga mengaku telah mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. "Dari tingkat paling bawah RT/RW itu tolong libatkan masyarakat untuk melihat kondisi lingkungan sekitarnya," kata Anita.

Baca Juga :

Hal itu, sambung Anita, sebagai upaya mengantisipasi dampak cuaca ektrem agar tidak meninmbulkan banjir atau longsor. "Kita sudah wanti-wanti ya, misalnya tempat itu sudah dikhawatirkan terjadi longsor, tapi masyarakat tidak segera cari tempat yang aman," terangnya.

"Laporan kebencanaan setiap hari masuk terutama yang didominasi itu longsor. Dalam sepekan ini masuk ada tiga kejadian. Alhamdulillah BPBD Kabupaten Sukabumi berusaha untuk selalu melakukan penanganan dengan gerak cepat," katanya menambahkan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI