Sukabumi Update

GOKIL! Cara Perpustakaan Cikundul Kota Sukabumi Tingkatkan Literasi Masyarakat

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi melalui Perpustakaan Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, terus menggeliatkan budaya literasi di tengah masyarakat. Cara yang dilakukan perpustakaan ini cukup unik, yakni menggagas program Gowes Keliling Literasi atau GOKIL. 

Seperti namanya, dalam menjalankan program ini petugas Perpustakaan Kelurahan Cikundul mengunjungi masyarakat dengan bersepeda dan membawa sejumlah buku. Biasanya, petugas mendatangi wilayah ke-RW-an, pondok pesantren, dan layanan posyandu sambil membawa sekira 30 buku dari beragam jenis. 

Baca Juga :

"GOKIL adalah salah satu inovasi yang diluncurkan Perpustakaan Kelurahan Cikundul sebagai upaya meningkatkan kembali minat baca masyarakat," kata Kepala Perpustakaan Kelurahan Cikundul Saepuloh, Senin, 5 Juli 2021. 

Saepuloh menuturkan, program GOKIL mulai diluncurkan pada Februari 2020. Namun karena terkendala pandemi, program ini sempat terhenti dan kembali dijalankan pada Februari 2021 hingga sekarang. 

Program GOKIL, kata Saepuloh, biasa dilaksanakan pada Senin, Kamis, Jumat, dan Minggu mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Masyarakat pun bisa meminjam buku atau sekadar membacanya saat mereka didatangi petugas GOKIL.

"Yang baca itu biasanya ibu-ibu usia produktif, anak-anak, remaja atau pemuda yang juga aktif di karang taruna," ujar dia. 

Selama penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat 3 hingga 20 Juli 2021, kegiatan GOKIL hanya dilakukan ke layanan posyandu dan wilayah ke-RW-an dengan peserta yang dibatasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI