Sukabumi Update

DPESDM Sukabumi Bahas Pelibatan Warga Lokal dalam Pengeboran Panas Bumi di Cikakak

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi merupakan wilayah yang kaya akan potensi panas bumi yang dapat diolah untuk menghasilkan tenaga listrik. Keunggulan ini selaras dengan kebijakan pemerintah era Presiden Joko Widodo yang tengah terus menggali sumber daya listrik dari energi panas bumi.

Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral dan Fasilitasi pada Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral atau DPESDM Kabupaten Sukabumi Yana Chefiana mengatakan potensi panas bumi di Sukabumi tersebar di Kecamatan Cisolok, Cikakak, Simpenan, Cidadap, dan Nyalindung.

"Tahun 2020 dan 2021 Kementerian ESDM melalui Badan Geologi dan Lemigas melakukan ekplorasi panas bumi di Kecamatan Cikakak," katanya, Selasa, 6 Juli 2021.

Kegiatan pengeboran slim hole untuk eksplorasi panas bumi yang akan dilaksanakan enam bulan ke depan telah disosialisasikan kepada masyarakat Desa Sirnarasa dan sekitarnya pada 28 Juni 2021. Sosialisasi ini, kata Yana, diinisiasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi "Lemigas".

photoSosialisasi pengeboran slim hole - (DPESDM Kabupaten Sukabumi)

Sosialisasi tersebut dihadiri Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perindustrian dan ESDM, Forkopincam Cikakak, warga Desa Sirnarasa, Kasepuhan Ciptagelar, dan sejumlah tokoh masyarakat. Ada beberapa poin yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut.

"Pertama, kegiatan pembangunan infrastruktur penunjang pengeboran diharapkan memaksimalkan sumber daya yang ada di wilayah dengan melibatkan tenaga kerja setempat," kata Yana. "Kebutuhan saat kegiatan ekplorasi seperti penginapan dan konsumsi diharapkan juga bisa memberdayakan masyarakat sekitar," tambah dia.

Yana berharap eksplorasi panas bumi yang dilakukan bisa sesuai dengan kebutuhan sehingga layak untuk dijadikan energi pembangkit listrik. Ia menyebut pembangkit energi listrik tenaga panas bumi merupakan pembangkit listrik yang ramah lingkungan.

"Sehingga diharapkan dukungan dari semua pihak, termasuk Kasepuhan Ciptagelar, agar kegiatan ekplorasi berjalan sesuai rencana dan hasilnya menggembirakan semua pihak," kata Yana.

Sebelumnya Badan Geologi melalui Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi melaksanakan peletakan batu pertama kegiatan infrastruktur dan pengeboran slim hole panas bumi di Cikakak, Kabupaten Sukabumi pada 22 Mei 2021.

Kegiatan tersebut mendukung program pemerintah dalam mempercepat pengembangan panas bumi di Indonesia dan menjadi hari yang bersejarah dalam kegiatan eksplorasi panas bumi oleh pemerintah.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI