Sukabumi Update

Sulit Akibat Pandemi, Anggota DPRD Ini Bantu Permodalan Petani Semangka Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang masih bisa diandalkan disaat ekonomi masyarakat tengah terkena dampak akibat pandemi virus Covid-19. Hal ini yang mendorong anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Andri Hidayana, turun langsung menemui para petani semangka di Kecamatan Waluran dan Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. 

"Kami langsung ketemu sama petani semangka di Kecamatan Waluran. Kasihan mereka kesulitan modal, makanya kami akan menjalin kerja sama," kata Andri Hidayana kepada Sukabumiupdate.com, Sabtu (10/7/2021).

Andri menemui langsung para petani di wilayah pajampangan ini untuk menjalin kerja sama dalam hal permodalan. 

"Pola kerja sama berupa permodalan kerja hingga panen nanti, kami yang memberi modal, nantinya perhitungan diakhir. Dan kedepannya akan dibentuk sebuah koperasi petani semangka, untuk lebih memudahkan dalam mengakses permodalan," jelasnya.

Menurut Andri, pihaknya sudah bekerja sama dengan sekitar 20 petani di dua kecamatan ini. Mereka memiliki luas lahan variatif.

"Insya Allah kami pun akan menyentuh para petani semangka di Kecamatan Ciracap,"sambungnya. 

Andri juga menjelaskan bahwa untuk saat ini pemasaran ke luar daerah maupun pasar lokal tidak ada kendala. Begitupun dengan lahan, lanjutnya, wilayah Pajampangan masih banyak lahan tidur yang bisa dimanfaatkan dengan menanam semangka. 

"Justru sekarang tinggal peran serta pemerintah kedepannya bisa menjawab permasalahan para petani. Dengan adanya Perumda Agro Sukabumi Mandiri (ASM), harus bisa menjadi solusi untuk para petani," terangnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI