Sukabumi Update

Mereka yang Mulai Bergerak Bantu Warga Terdampak PPKM Darurat di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah komunitas mulai bergerak bantu warga di Sukabumi Jawa Barat yang terdampak kebijakan PPKM darurat. Mulai dari bagi-bagi uang ke pengguna jalan, bantuan sembako untuk warga miskin, hingga bantuan bahan pokok dan vitamin untuk pasien yang tengah menjalani isolasi mandiri karena terinfeksi covid-19.

Sumber dana untuk bantuan ini dari sumbangan mereka yang peduli dan menitipkan amanahnya kepada komunitas, yayasan, organisasi bahkan perorangan. Mereka mulai bergerak dalam skala lokal, menyasar jalanan hingga turun ke perkampungan.

Sahabat Kristiawan Peduli (SKP) melakukan aksi sosial membantu warga terdampak dan pasien isoman sejak beberapa waktu lalu. Terbaru, pendiri SKP, Kristiawan Saputra turun ke jalan malam-malam membagi-bagikan uang kepada pengguna jalan di Sukabumi yang ditemuinya.

"Daripada ngomong sampai berbusa saling salahkan....mendingan di sebut riya tapi ada yang tersenyum bahagia malam ini," tulis Kristiawan pada akun facebooknya Jumat malam kemarin.

Ia juga memposting video tengah membagi-bagikan uang Rp 100 ribu rupiah kepada para pejuang jalanan di Sukabumi. "Bantosan PPKM kang," ucap Kristiawan kepada siapapun yang menerima uang tersebut.

Selain bagi-bagi uang, SKP yang selama ini aktif dalam aksi sosial juga mengirim bantuan sembako dan vitamin kepada warga Sukabumi yang tengah isolasi mandiri karena terpapar virus corona.

Baca Juga :

LSM Gapura RI hari ini juga mulai mendatangi rumah-rumah warga miskin di Sukabumi. Para aktivisnya mengirim bungkusan berisi sembako untuk warga.

"Tutur kata dan sikapmu adalah cermin kepribadianmu, tidak semua orang menyukai dan tidak semua orang juga yang membenci, tetaplah menjadi diri sendiri dan syukuri nikmat Tuhanmu. #Jumat_Barokah Lsm Gapura RI.  

Salam #malas_belok setidaknya dapat meringankan beban mereka yang terdampak #PPKM_Darurat cukuplah untuk sepekan, barokallah," tulis Ketua Umum LSM Gapura RI, Hakim Al Adonara dalam  postingan facebooknya, Jumat (16/7/2021).

Ada juga yang berbasis rukun tetangga, seperti yang dilakukan warga RT 04 RW 14 Taman Asri Kota Sukabumi. Warga kompak mengumpulkan dana untuk membantu mereka yang tengah isolasi mandiri dan warga terdampak langsung kebijakan PPKM darurat.

Herdi, Ketua RT 04 menyampaikan bahwa ini adalah bentuk kepedulian warganya yang sudah berlangsung sepanjang pandemi covid-19. Untuk bantuan bagi pasien isoman sudah dilakukan sejak tahun 2020 lalu, sejak pengurus RT mulai membantu warga yang isolasi mandiri karena covid-19. 

"Sudah lebih dari 20 keluarga pasien yang dibantu oleh warga. Kita bantu kebutuhan bahan makanan termasuk vitamin masker dan lainnya. Untuk warga terdampak kita mulai bantu setelah PPKM darurat berlangsung. Sudah ada lebih dari lima keluarga yang kita bantu, mereka tidak mendapatkan penghasilan harian sejak adanya pembatasan mobilitas warga ini," ungkap Herdi kepada sukabumiupdate.com, Jumat.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI