Sukabumi Update

Ngamuk Tak Mempan Peluru, Sapi Kurban di Sukabumi Kabur Sejauh 5,4 Km

SUKABUMIUPDATE.com - Insiden sapi kabur saat akan disembelih di hari Raya Idul Adha di Sukabumi Jawa Barat ini viral. Sapi kurban warna putih ini kabur sejauh 5,4 kilometer, dari Perumahan Situendah di Kecamatan Lembursitu ke depan Pabrik Semen Jawa SCG di wilayah  Gunungguruh Kabupaten sukabumi.

Menurut panitia kurban di Perumahan Situendah, kejadiannya pada Selasa (20/7/2021) sekitar pukul 10.00 WIB. Sapi mengamuk, tali kekang putus, tendang petugas jagal, lompat pagar setinggi 1 meter lebih. 

Bahkan sempat ditembak petugas kepolisian karena mengamuk dan membahayakan warga sekitar.  Tak juga tumbang, sapi kemudian berlari menyusuri jalan Pelabuhan II dari Situmekar, melintasi banyak kampung hingga berakhir di Kecamatan Gununguruh, tepatnya di areal parkir dekat gerbang pabrik Semen Jawa atau SCG.

Aksi pengejaran sapi oleh warga ini kemudian direkam hingga viral. Tak ingin kembali mengamuk, panitia dan warga kemudian menyembelih sapi tersebut di jalan setelah tertangkap di sekitar pabrik Semen Jawa. 

Baca Juga :

Irwan Ridwan (53 tahun) panitia kurban Perumahan menuturkan sapi itu kabur saat dipindahkan untuk giliran disembelih. “Ketika itu panitia kurban seusai menyembelih domba 1 ekor dan sapi 2 ekor. Lalu, yang satu 1 ekor sapi mengamuk membabi buta saat akan dipindahkan untuk giliran disembelih,” ujarnya kepada wartawan

Sapi kemudian mengamuk dan kabur. “Kemudian dikejar enam warga dan dibantu oleh aparat Kepolisian Polsek Lembursitu  ke sekitar perumahan, halaman Rumah Sakit Al Mulk hingga ke pintu utama masuk gerbang PT Semen Jawa (SCG),” katanya.

photoSapi yang kabur dari Situendah akhirnya tertangkap di kawasan Pabrik SCG dan langsung disembelih oleh panitia kurban di jalanan tersebut - (tangkapan layar video viral)</span

Sebelumnya menurut Iwan, salah satu petugas Polsek Lembursitu melakukan langkah preventif dengan cara menembaknya di sekitar bagian kemaluan. Anehnya, sapi itu tidak mati, seolah kebal timah panas. 

Tindakan preventif itu, terpaksa dilakukan petugas lantaran sapi saat ditangkap terus mengamuk dan membahayakan warga sekitar. “Sekitar 1 jam lebih dikejar, sapi itu terperosok ke kolong belakang dump truk di parkiran PT SCG.  Tidak mau terulang kabur lagi, sapi itu langsung disembelih di sana kemudian dibawa kembali ke Perumahan Situendah untuk dibagikan dagingnya ke warga,” pungkasnya. 

Sementara Kapolsek Lembursitu AKP Dedi Suryadi membenarkan adanya sapi kurban yang mengamuk saat akan disembelih di daerah Perumahan Situendah.  Ya betul, Ada sapi kurban yang lepas tadi sekitar pukul 10.00 WIB, dan sudah ditangkap di sekitar SCG," jelasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI