Sukabumi Update

3 Proyek Destinasi Wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi Jalan Terus, Rp 22 Miliar dari PEN

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga proyek penataan destinasi wisata di kawasan Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat yang bersumber dari dana PEN atau Pemulihan Ekonomi Nasional tahun 2021 saat ini masuk dalam tahap lelang. Geyser Cisolok, Pantai Karanghawu dan Curug Sodong akan ditata lebih cantik dengan total anggaran Rp 22 Miliar dari APBD Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Lina Ruslinawati menjelaskan tiga proyek penataan wisata di Kabupaten Sukabumi ini tidak termasuk yang digeser oleh pemerintah provinsi untuk membackup anggaran PPKM Darurat. "Ini kan sudah direncanakan dan sudah berjalan jadi tidak digeser," jelas Lina kepada sukabumiupdate.com, Kamis (22/7/2021).

Lina bahkan kembali mendapatkan penegasan tersebut dari Dinas Pariwisata Jawa Barat. Menurut politisi Gerindra ini, anggaran PEN 2021 untuk tiga program penataan destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi sudah dalam tahap proses lelang untuk pengerjaaan.

"Rp 22 Miliar lebih itu untuk tiga pekerjaan dan sudah dilelang oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi. Semoga bisa berjalan lancar dan memberikan efek pertumbuhan ekonomi melalui dunia pariwisata," lanjut wakil rakyat Jawa Barat dari daerah pemilihan Kota dan Kabupaten Sukabumi ini lebih jauh.

Ketiganya memang sudah ada dalam website lpse Kabupaten Sukabumi dengan status penandatanganan kontrak. Jenis pekerjaan untuk ketiga proyek ini adalah Pengadaan/Pemeliharaan/Rehabilitasi Sarana dan Prasarana dalam Pengelolaan Destinasi Pariwisata Kabupaten/Kota.

Pembangunan pariwisata Type 2 di Kabupaten Sukabumi, untuk Karanghawu di Desa/Kecamatan Cisolok senilai Rp 8 Miliar; Geyser Cisolok di Desa Wangunsari Kecamatan Cisolok Senilai Rp 8 Miliar dan Curug Sodong Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas senilai Rp 6.410.108.000.

"Ketiganya masuk dalam kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Juga dalam rangka menunjang sarana wisata di kawasan dengan status geopark dunia itu," pungkas Lina.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI