Sukabumi Update

Gempa Dangkal Sesar Cimandiri Sukabumi Getarkan Wilayah Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Sukabumi. Kali ini, Jumat, 30 Juli 2021, sekira pukul 11:59:06 WIB, getaran berkekuatan 2.6 magnitudo dirasakan sejumlah warga, khususnya yang berada di Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, dan sekitarnya.

Menukil laporan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho yang diunggah akun Facebook BMKG Bandung, pusat gempa berada pada koordinat 6.93 Lintang Selatan dan 107.02 Bujur Timur, tepatnya di darat berjarak 9 kilometer Tenggara Kota Sukabumi.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri," tulis laporan itu. Pernyataan tersebut juga dibenarkan Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono. "Iya (Sesar Cimandiri)," katanya lewat WhatsApp kepada sukabumiupdate.com.

Berdasarkan peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cireunghas, Sukaraja, dan Kota Sukabumi dengan Skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga pukul 12:18 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. 

Salah seorang warga dengan akun Facebook Halimah Anisah ikut membenarkan getaran gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. "Kecamatan Sukalarang getarannya kenceng," tulis dia di kolom komentar unggahan akun Facebook Info Gempa Dunia.

Catatan redaksi: berita ini diubah pada Jumat, 30 Juli 2021 pukul 13.40 WIB. Perubahan terjadi pada bagian judul, dari yang semula "Sukabumi Kembali Diguncang Gempa Sesar Cimandiri, Ada yang Merasakan?", menjadi "Gempa Dangkal Sesar Cimandiri Sukabumi  Getarkan Wilayah Ini".

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI