Sukabumi Update

Kabar Terbaru Perahu Hanyut di Tegalbuleud Sukabumi: 9 Dievakuasi, Dua Hilang dan Tenggelam

SUKABUMIUPDATE.com - Hingga Kamis, 5 Agustus 2021, sembilan dari 11 perahu nelayan yang hanyut di perairan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, berhasil dievakuasi. Satu perahu dinyatakan tenggelam dan satu lainnya hilang. Belasan Perahu jenis fiber itu sebelumnya hanyut pada Ahad, 1 Agustus sore (lima perahu), sedangkan enam lainnya pada Senin, 2 Agustus pagi.

Proses evakuasi sembilan perahu itu dilakukan pada Rabu, 4 Agustus, dan Kamis, 5 Agustus 2021. "Kemarin (Rabu) berhasil dievakuasi lima perahu dan tadi pagi (Kamis) mulai pukul 06.00 WIB kembali dievakuasi empat perahu," kata nelayan Tegalbuleud, Sadi Kuswara. Sembilan perahu tersebut berhasil ditarik ke pesisir pantai. "Satu unit hilang dan satunya lagi tenggelam, posisinya di dasar laut," tambah dia.

Sadi mengatakan perahu Diltan milik warga bernama Herlan tidak dapat ditarik karena posisinya yang berada di dasar laut dan terhalang sampah bambu. "Kondisi itu menyulitkan tim untuk mengevakuasi," ujarnya. "Sementara perahu Berkah Rizki milik Bang Willy hilang," kata dia. "Harapannya pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten, serius membuatkan breakwater agar nelayan bisa tenang saat melaut," imbuh Sadi.

Pemecah ombak atau breakwater sendiri adalah prasanana yang dibangun untuk memecahkan ombak atau gelombang, dengan menyerap sebagian energi gelombang. Pemecah gelombang digunakan untuk mengendalikan abrasi yang menggerus garis pantai dan untuk menenangkan gelombang di pelabuhan sehingga kapal dapat merapat di pelabuhan dengan lebih mudah dan cepat.

Baca Juga :

Sebelumnya diberitakan, gelombang tinggi di perairan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, mengakibatkan 11 perahu nelayan hanyut. Belasan perahu jenis fiber ini sebelumnya bersandar di Dermaga SBP Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud. Berikut daftar 11 perahu tersebut dan kondisinya per Kamis, 5 Agustus 2021:

1. Berkah Rizki - milik Bang Willy (hilang)

2. Al Zibran - milik Bang Willy

3. Amanda Zahra - milik Aben

4. Berkah Putri Sulung - milik Henda 

5. Rivia Putri 03- milik Jamal

6. Vion 09 - milik Ato

7. Diltan - milik Herlan (tenggelam)

8. Putra Cikal 31 - milik Sugih

9. Primadona - milik Jamal/Mario 

10. Putri Mekar 01 - milik Erwin

11. Senggol Jaya 001 - milik Jamal/Mario

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI