Sukabumi Update

Akses Dibangun, Petani Desa Citanglar Sukabumi Bisa Pangkas Biaya Operasional

Pelaksanaan pembangunan akses pertanian di Desa Citanglar, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (11/8/2021). Pembangunan sangat membantu petani sebab selama ini jalan yang dilalui berupa tanah.

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi, membangun akses pertanian di Desa Citanglar, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dengan dibangunanya akses yang berada di Kampung Mangkalaya hingga Kampung Maranginan, petani dapat melakukan efisiensi dalam biaya operasional pertanian.

Kepala Desa Citanglar Surahman mengatakan pembangunan akses pertanian begitu penting bagi petani, sebab selama ini jalan yang dilalui berupa tanah yang membuat mahalnya biaya angkut pupuk dan biaya angkut hasil pertanian.

Dia pun berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Dinas Pertanian yang telah merealisasikan keinginan petani.

Baca Juga :

Surahman mengatakan, diperkirakan ada 200 hektar lebih lahan sawah yang mendapatkan manfaat dari dibangunanya akses pertanian tersebut. Jumlah luasan lahan itu belum termasuk lahan pertanian kering.

Lebih lanjut Surahman mengatakan, selain warga Desa Citanglar, pemilik lahan pertanian itu ada yang berasal dari Desa Kademangan, Kecamatan Surade. "Dengan adanya pengerasan selain bisa memangkas biaya angkut, juga para petani lebih meningkatkan produktivitasnya berbagai tanaman," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pertanian Jampangkulon Yaya Kuswaya menjelaskan pembangunan jalan berupa pengerasan tersebut merupakan program pengembangan Jalan Usaha Tani (JUT). Adapun anggaran untuk program tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus(DAK) bidang fisik pertanian tahun 2021. 

"Anggaran sebesar Rp 190 juta. [Jalan Usaha Tani yang dibangun] panjang 974 meter lebar 2,5 meter. [Pembangunan] saat ini sudah mencapai 60 - 70 persen," terangnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI