Sukabumi Update

Eks Napi Teroris Asal Sukabumi Ikut Upacara Kemerdekaan di Balai Kota

Mantan narapidana terorisme, Robi Rubiansyah (kiri, bermasker cokelat), menghadiri upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Balai Kota Sukabumi, Selasa, 17 Agustus 2021.

SUKABUMIUPDATE.com - Mantan narapidana terorisme asal Sukabumi, Robi Rubiansyah, menghadiri upacara Hari Ulang Tahun atau HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Balai Kota Sukabumi, Selasa, 17 Agustus 2021. Robi merupakan pelaku peledakan bom di Vihara Ekayana, Jakarta Barat, pada Agustus 2013.

Meski tidak diundang, namun sejak Selasa pagi sekira pukul 07.30 WIB, Robi sudah ada di balai kota, berjalan kaki sendirian dari rumahnya di Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Berdiri di luar pagar karena tak bisa masuk, pria berusia 36 tahun itu terlihat ikut hormat saat bendera merah putih dikibarkan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ia mengaku kedatangannya tersebut sebagai wujud cintanya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Ini sebagai rasa kecintaan saya kepada Tanah Air Indonesia, yang sebelumnya tidak bisa saya lakukan akibat jalan hidup yang kami tempuh pada masa itu," kata dia. 

Dalam momentum HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Robi berharap sesama anak bangsa bisa saling menghargai dan toleransi. "Sudah saatnya kita bergandengan tangan dan menghargai akidah masing-masing," imbuhnya. Ia mengaku ini kali pertama ikut upacara di Balai Kota Sukabumi usai bebas pada 2017 lalu.

Baca Juga :

Robi pun mengaku jalan hidupnya berubah setelah ia tersadar saat dalam penjara tidak menghadiri ibunya yang meninggal dunia dan istrinya melahirkan. Menukil dari kompas.com, ia ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus peledakan bom di Vihara Ekayana pada 2013 silam setelah ditangkap di Sukabumi.

Saat itu, polisi menyatakan ada dua bahan peledak yang ditemukan di lokasi, tetapi hanya satu peledak yang meledak. Sementara satu lagi hanya mengeluarkan asap. Tak ada korban jiwa dalam insiden itu.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI