Sukabumi Update

Makna Merah Putih yang Dikibarkan Peselancar di Laut Sukabumi

Peselancar mengibarkan bendera Merah Putih di spot Batununggul Pantai Pangumbahan, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, pada Selasa, 17 Agustus 2021.

SUKABUMIUPDATE.com - Empat peselancar mengibarkan bendera Merah Putih di spot Batununggul Pantai Pangumbahan, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, pada Selasa, 17 Agustus 2021. Ini merupakan cara mereka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Keempat peselancar itu adalah Iwan, Lalang, Bule, dan Yopi. Mereka adalah atlet lokal yang juga anggota Karang Taruna Tirta Sagara Desa Pangumbahan. "Kami berinisiatif untuk kibarkan bendera sambil bermain surfing," kata Sekretaris Karang Taruna Tirta Sagara Pangumbahan Febby Nesta.

Ada empat bendera yang masing-masing berukuran 60x90 sentimeter. Alasan dipilihnya bendera kecil, kata Febby, agar mudah dikibarkan saat berselancar. Angka empat sendiri, menurutnya, memiliki makna empat arah mata angin dan pilar negara: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Ini pertama dilakukan di lokasi itu. Memang spot Batununggul adalah tempat favorit bermain surfing. Bahkan ada turis asing yang bergabung, namun tidak sempat main, hanya memotret," imbuhnya.

Baca Juga :

Motivasi pengibaran bendera tersebut adalah bentuk kecintaan mereka terhadap Republik Indonesia dan menghormati para pejuang. "Termasuk promosi wisata agar menambah daya dobrak pengunjung setelah nanti normal dari Covid-19," kata Febby mewakili rekan-rekannya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI