Sukabumi Update

Upacara di Atas Rakit, Relawan di Talagawarna Sukabumi Bicara Keseimbangan Alam

Upacara pengibaran bendera di atas rakit di situ dan hutan konservasi Talagawarna, Desa dan Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 17 Agustus 2021.

SUKABUMIUPDATE.com - Cara tidak biasa dilakukan relawan ProBumi Indonesia dalam memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Pada Selasa, 17 Agustus 2021 kemarin, mereka menggelar upacara pengibaran bendera di atas rakit di situ dan hutan konservasi Talagawarna, Desa dan Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Relawan ProBumi Indonesia, Asep Has mengatakan ide tersebut muncul dari kesadaran bahwa mereka selalu beraktivitas di Talagawarna untuk menjaga para pemburu burung. "Kami berpikir bagaimana caranya bisa upacara dengan tema Indonesia Bangkit Alam Lestari," kata Asep Has pada Rabu, 18 Agustus 2021.

Upacara di atas rakit pun dipilih relawan ProBumi Indonesia, dengan niat sambil mengedukasi warga sekitar agar tetap menjaga keseimbangan alam. Ada sekira 20 peserta upacara yang terdiri dari aparat Desa Nyalindung, pelajar, dan relawan kemanusiaan, dengan menggunakan empat rakit berukuran masing-masing 4x6 meter. "Termasuk ada perahu karet dari PMI Kota Sukabumi," tambah Asep Has.

Baca Juga :

Asep mengungkapkan menjaga keseimbangan alam menjadi isu penting demi menjaga alam dari ancaman kepunahan flora dan fauna, khususnya yang ada di kawasan konservasi hutan Talagawarna. Kegiatan itu pun diakhiri dengan pelepasan 11 burung,  jenis Jogjog, Toed, Raja Udang (Cakakak), dan Ciblek.

"Ada pula pelepasan ikan, penanaman pohon, pemusnahan barang bukti jaring penangkap burung, dan bantuan dari komunitas Wacana Foundation berupa sprayer dan masker untuk PPSC," katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI