Sukabumi Update

Petani Kopi Kecamatan Gegerbitung Bersiap, Robusta Sukabumi Bisa di Ekspor

Petani Kopi Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi mempersiapkan diri untuk bisa ekspor ke luar negeri.

SUKABUMIUPDATE.com - Kecamatan Gegerbitung berada di batas wilayah Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur, mayoritas penduduknya adalah petani khususnya sayuran, palawija dan tanaman hortikultura. 

Data tahun 2021 mencatat luas wilayah Kecamatan Gegerbitung adalah 5.524.260 hektar. Terdiri dari tujuh desa, dengan Letak Geografis Kecamatan Gegerbitung antara 106 - 450 Bintang Timur serta terletak 70 Lintang Selatan dengan ketinggian wilayah dari permukaan laut sekitar 600 1200 Meter, ketinggian 600 7000 Meter meliputi Desa Gegerbitung, Cijurey, Karangjaya, Caringin dan Buniwangi sedangkan ketinggian 750  1200 Meter, meliputi Desa Ciengang dan Desa Sukamanah. 

Camat Gegerbitung, R. Yanti Budiningsih mengatakan potensi utama daerah tersebut merupakan pertanian. "Pertanian menjadi potensi utama dan unggulan wilayah Kecamatan Gegerbitung Selain itu ada dua sektor pariwisata," jelas Yanti kepada sukabumiupdate.com, Kamis (26/8/3021). 

photoKantor Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi yang memiliki potensi petani kopi untuk dikembangkan - (SU/Riza)</span

Data tahun 2021 mencatat petani masih menjadi profesi dengan luas pertanian 4.260.17 hektar dan luas non pertanian 1.264.092 sedangkan jumlah penduduk berdasarkan laporan bulan Agustus 2021 sebanyak 41.983 Jiwa yang terdiri dari 21.129 Laki-laki dan 20.854 perempuan dan Kepala Keluarga 11.506.

Berbagai potensi yang dapat meningkatkan Pendapatan dan ekonomi masyarakat terus digali Pemerintah Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi. Adapun yang tengah dikembangkan saat ini dan termasuk satu sektor unggulan adalah petani kopi robusta, petani jeruk di Desa Sukamanah dan Desa Ciengang. Kopi robusta kini menjadi sangat menarik karena tergabung dengan desa ekspor lain untuk bisa ekspor biji kopi ke luar negeri.  

Sementara untuk Wisata yang ada di Desa Ciengang yaitu wisata alam, di Caringin ada kerajinan dan Minapadi, serta di Sukamanah ada agrowisata. Ada juga Masjid Baiturrahman yang menjadi magnet wisatawan dengan disuguhi keindahan alam.

Baca Juga :

"Ada seluas 10 ribu meter persegi lahan di area Masjid Baiturrahman. Masjidnya sendiri seluas 300 meter yang terletak di puncak area. Kita akan senang dengan pemilik masjid untuk mengembangkan wilayah Kecamatan Gegerbitung," terangnya

Apalagi akan ada tiga desa yang ditata. Terutama desa-desa yang berada di sekitar Masjid Baiturrahman.

"Desa yang akan ditata wisatanya yaitu Ciengang, Sukamanah, dan Caringin," jelasnya

Di Desa Ciengang sendiri selain wisata religi, ada Taman Pameungpeuk, dan Puncak Peuyeum dan Danau.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI