Sukabumi Update

Usai Simulasi, Disdik: Sekolah di Kota Sukabumi Siap Assessment Nasional Pengganti UN

Sejumlah siswa di Kota Sukabumi tengah mengikuti simulasi Assessment Nasional seperti yang diarahkan oleh Disdik.

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah sekolah di Kota Sukabumi sudah mulai mensimulasikan Assessment Nasional (AN) sebagai pengganti  Ujian Nasional (UN) sesuai arahan dari Disdik. Pelaksanaannya sudah digelar sejak 23 hingga hari ini Kamis 26 Agustus 2021. 

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Yemmy Yohanni mengatakan, saat ini Disdikbud Kota Sukabumi telah menyosialisasikan teknis pelaksanaan AN yang telah dibagi dalam tiga tahap yaitu, simulasi, gladi bersih, dan pelaksanaan.

"Simulasi sudah dilaksanakan, mudah-mudahan saat pelaksanaannya nanti sudah bisa off line. Karena waktunya kan masih lama," ujarnya, saat ditemui sukabumiupdate.com Kamis (26/8/2021).

photoSimulasi Assessment Nasional di Kota Sukabumi untuk persiapkan pengganti UN siap dilakukan tahun ini. - (Pixabay)</span

Lanjut kata Yeni Simulasi Assessment Nasional ini akan dilaksanakan oleh semua jenjang pendidikan mulai dari  SD, SMP dan SMA, se Kota Sukabumi.

Jumlah sekolah yang sudah melaksanakan Simulasi Assessment Nasional periode 1 yaitu, 4 SD, 6 SMP, dan 2 sekolah kesetaraan pada  tgl 23 Agustus 2021. Kemudian, 12 SD, 9 SMP, dan 1 jenjang kesetaraan pada 24 Agustus 2021.

"Tiap sekolah beda jadwal pelaksanaan simulasi, tergantung kesiapan sekolahnya masing- masing," kata Yemmy.

Sekolah yang melaksanakan simulasi Assessment Nasional wajib menyiapkan fasilitas pendukung minimal satu komputer sebagai client dan satu komputer untuk server siswa. 

Baca Juga :

"Jika sekolah tidak punya perangkat, maka Disdik mengizinkan sekolah untuk meminjam dari guru atau siswa," pungkas Yemmy. 

Yemmy berharap sekolah dapat bekerjasama dengan baik, mengingat Assessment Nasional merupakan sistem baru yang membutuhkan beberapa tahap penyempurnaan dan sosialisasi agar sistem tersebut mampu dipahami masyarakat khususnya siswa dan orang tua.

"Insya Allah,  Kota Sukabumi sudah siap menggelar Assessment Nasional tahun ini," pungkasnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI