Sukabumi Update

15 Puskesmas di Kota Sukabumi Siap Layani Vaksinasi Ibu Hamil

Kick off vaksinasi ibu hamil di Kota Sukabumi pada Kamis, 26 Agustus 2021.

SUKABUMIUPDATE.com - Vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Kota Sukabumi serentak digelar pada Kamis, 26 Agustus 2021. Total 1.500 bumil ditargetkan menerima vaksin Sinovac secara bertahap di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan seperti 15 puskesmas di Kota Sukabumi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Lulis Delawati menyebut ibu hamil yang menerima vaksin ialah mereka yang umur kehamilan 14 hingga 33 minggu. "Belum dihitung laporannya," kata dia menjelaskan jumlah yang divaksin pada Kamis ini.

Lulis menuturkan ibu hamil menjadi kelompok yang mendapatkan layanan khusus dalam vaksinasi. Sehingga, mereka diprioritaskan mendapat suntikan vaksin di setiap sentra vaksinasi. Salah satunya Puskesmas Tipar di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

"Jadi mulai 26 Agustus 2021, puskesmas mulai melayani vaksinasi ibu hamil dengan jenis vaksin Sinovac,'' kata Kepala Puskesmas Tipar Eri Kurniawati menambahkan.

photovaksinasi ibu hamil di Kota Sukabumi pada Kamis, 26 Agustus 2021. - (Website Pemkot Sukabumi)

Baca Juga :

Ibu hamil yang divaksin di wilayahnya diutamakan bagi warga yang tinggal di dua kelurahan, yakni Tipar dan Cikondang. Dari data yang ada, di dua kelurahan itu terdapat 54 bumil yang akan divaksin. Namun, jumlah itu akan bertambah karena masih pendataan. Rencananya vaksinasi bumil akan dilakukan hingga 3 September 2021.

''Bumil yang divaksin usia kehamilan 14 hingga 33 minggu,'' kata Eri. Ia mengatakan vaksin untuk bumil aman dan mendapatkan prioritas dalam pelaksanaannya.

Hingga 22 Agustus 2021, capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi telah mencapai 39,7 persen untuk dosis pertama dan dosis kedua mencapai 21,2 persen dari target yang telah ditetapkan sebanyak 269.834 orang.

Dalam upaya menyelesaikan vaksinasi sesuai target, Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Forkopimda menggelar vaksinasi di sentra vaksinasi Gedung Juang setiap Rabu dan Sabtu, serta setiap Kamis di 15 puskesmas.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI