Sukabumi Update

STAI Sukabumi Resmi Bertransformasi Jadi Institut Madani Nusantara

SUKABUMIUPDATE.COM - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi secara resmi bertransformasi menjadi Institut Madani Nusantara (IMN), melalui penyerahan SK (Surat Keputusan) izin perubahan bentuk dari Menteri Agama RI di gedung pascasarjana STAI Sukabumi yang sekarang menjadi IMN, tepatnya di Jalan Lio Balandongan Sirnagalih, No. 74 Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Sabtu (11/9/2021).

Penyerahan SK tersebut dilakukan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI M Ali Ramdhani kepada Rektor IMN Endin Nasrudin dan disaksikan langsung oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Anggota DPR RI Mohamad Muraz.

Baca Juga :

Rektor IMN Endin Nasrudin mengatakan, perubahan ini sudah ia ajukan sejak enam tahun yang lalu. Namun, baru pada 2021 perubahan bentuk dari sekolah tinggi menjadi institut ini baru bisa terwujud.

Oleh karenanya, ia mengaku bahagia sebab perjuangannya selama satu lustrum lebih itu telah berbuah manis.

"Proses perjalanannya luar biasa, melelahkan, enam tahun," katanya kepada sukabumiupdate.com.

photoRektor Institut Madani Nusantara Endin Nasrudin saat memberikan sambutan. - (Dok. IMN)</span

Setelah menjadi institut, ia menyebut akan segera membenahi internal civitas akademika terlebih dahulu baru kemudian insfrastruktur dan sebagainya secara bertahap.

Sementara itu, lanjut Endin, untuk menghadapi perubahan bentuk ini STAI Sukabumi sudah membuka tiga fakultas dan tujuh program studi (prodi).

Selain akan menambah prodi, Endin pun sudah mencanangkan kedepannya pada tahun 2026 INM bisa bertransformasi menjadi universitas.

"Nanti kita bertambah lagi program studinya, dan insyaallah tahun 2026 saya canangkan untuk jadi universitas. Jadi dari bawah kita, karena harus tersedia dulu ya dosen dan segala macamnya, tidak semudah itu," kata Endin seraya menekankan bahwa persiapannya yang harus dimatangkan.

Penyerahan SK Menteri Agama RI tentang Izin perubahan bentuk STAI Sukabumi menjadi IMN ini turut juga dihadiri Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Rohmat Mulyana, Wali Kota Sukabumi periode 1993-1998 Udin Koswara, Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, hingga Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy Zainal Abidin dan Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI