Sukabumi Update

Tujuh Atlet Kota Sukabumi yang Dilepas Ikut PON Papua

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri penutupan rangkaian Hari Olahraga Nasional XXXVIII tingkat Kota Sukabumi di Aula SMKN 1 Sukabumi, Rabu, 22 September 2021. Dalam momen itu, dilakukan pelepasan atlet, pelatih, dan wasit asal Kota Sukabumi untuk PON XX dan Peparnas XVI Papua 2021.

Selain Wali Kota Sukabumi, hadir Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami; Asdep Pengelolaan Olahraga Pendidikan Deputi Pembudayaan Olahraga Ari Mulyadi; dan Ketua Tim Penggerak PKK Fitri Hayati Fahmi. Hadir juga Ketua KONI Haickel Reza Balfas dan Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Sukabumi Indra Wiguna.

''Sebagaimana tahun 2020, momen Haornas dilakukan sangat terbatas karena meminimalisir berbagai kegiatan akibat pandemi belum usai dan harus beradaptasi dengan kondisi,'' kata Achmad Fahmi.

Namun, Fahmi menyebut warga patut berbangga karena Kota Sukabumi dalam beberapa hari terakhir meraih prestasi yakni Senam Bugar Jabar Juara Terbaik 1 yang digelar Kormi Jabar dalam ajang Festival Olahraga Virtual 2021 dan Juara 1 dan 3 skateboard serta gelaran Liga Igora. Menurutnya, ada tujuh ekonomi baru pascapandemi, di antaranya pariwisata dan olahraga. 

"Karena semakin sehat seseorang maka maka akan naik imunitas seseorang. Itulah sebabnya bagaimana menjadikan olahraga salah satu ekonomi baru pascapandemi," kata dia. Selain menutup Haornas, dilelepas juga atlet hebat ke PON dan Peparnas di Papua. Ada 7 atlet, 2 wasit, dan 1 pelatih dari Kota Sukabumi. "Semoga diberikan kemudahan dan kelancaran menorehkan prestasi terbaik di ajang PON dan Peparnas."

photoPelepasan atlet Kota Sukabumi untuk ikut PON XX dan Peparnas XVI Papua 2021. - (Istimewa)

Asdep Pengelolaan Olahraga Pendidikan Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Ari Mulyadi mengatakan pemerintah pusat mengapresiasi Pemerintah Kota Sukabumi dalam mendukung kegiatan olahraga. Ini didorong oleh pelaku olahraga seperti IGORA, KORMI, dan KONI serta lainnya.

Ketujuh atlet yang dikirim antara lain Annisa Septiani dan Rizkita Fitri untuk cabor Kempo, Pradini untuk cabor anggar, Ghalian untuk cabor bola tangan, serta M Alfiana, Waldi N, dan Alianza untuk cabor hockey. Selain atlet, 1 pelatih anggar atas nama Glenn P, serta dua wasit atas nama Rendra Lesmana dan Yosef P juga akan bertugas di ajang yang sama.

Ketua KONI Kota Sukabumi Haickel Reza Balfas mengatakan, pelepasan hanya dilakukan secara simbolis mengingat beberapa atlet ada yang sedang fokus menjalani pemusatan latihan, dan ada pula yang sudah berangkat.

"Kita ambil tanggal yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Kita bikin seremoni kecil untuk para atlet yang akan berangkat ke Papua. Kita optimistis para atlet akan mendulang emas, karena yang lolos ke PON Papua ini memang atlet dari cabor-cabor unggulan Kota Sukabumi," kata dia.

SUMBER: WEBSITE SETDA KOTA SUKABUMI

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI