Sukabumi Update

Gandeng Aqua Mekarsari, BPBD Sukabumi Latih Tanggap Bencana di Cicurug

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sukabumi menggelar pelatihan dasar bagi tim tanggap bencana. Kegiatan yang dilaksanakan, Selasa (22/9/2021) ini digelar atas kerjasama BPBD dengan Aqua Mekarsari.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan menjadi pemateri dalam pelatihan yang berlangsung di GOR Futsal Double Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug.

Baca Juga :

Tim Tanggap Bencana Desa Purwasari, Desa Caringin, perwakilan dari Karang Taruna Desa Nyangkowek, Desa Cisaat, dan Desa Giri Jaya, turut menghadiri acara pelatihan tersebut.

Dalam materinya Wawan Godawan mengungkapkan hakekatnya peristiwa bencana tidak bisa diprediksi sebelumnya, baik waktu maupun lokasinya.

Namun dengan adanya tim tanggap bencana diharapkan penanganan penanggulangannya bisa lebih cepat dilakukan secara terkoordinir.

photoBupati Sukabumi hadir dalam sebuah acara Diksar Relawan Bencana. - (Dok Humas Pemkab Sukabumi)</span

“Karena datangnya bencana tidak dapat diprediksi, maka dengan adanya tim tanggap bencana yang sudah terlatih diharapkan bencana dapat segera mungkin di tangani dan terjalin koordinasi yang baik dengan hirarki tanggap kebencanaan di level selanjutnya," jelas Wawan.

Sekretaris Desa Purwasari, Agus Setia Gunawan mengungkapkan peningkatan kapasitas tim tanggap bencana sangat dibutuhkan. Tujuannya agar tim dapat bekerja lebih optimal sesuai dengan Standard Operating Procedure.

Baca Juga :

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak Aqua Mekarsari yang telah mendukung pelatihan ini. Sebab peningkatan kapasitas tim tanggap bencana sangat dibutuhkan agar penanganannya memenuhi standar yang diberlakukan BPBD," ungkap Agus dalam sambutan pada acara yang juga dihadiri Kepala Desa Nyangkowek Erick Zulkarnaen dan pengurus Desa Purwasari, Rosita.

Sementara itu CSR Manager PT. AQUA Mekarsari, Cacas Suwarna, dalam sambutannya mengatakan pelatihan dasar ini bukanlah perlatihan terakhir.

"Nanti akan ada lagi pelatihan lainnya yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing desa, dan AQUA Mekarsari akan mendukung untuk terselenggaranya acara tersebut," ujarnya.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI