Sukabumi Update

Temui Petani di Bojonggenteng Sukabumi, Distan Bahas Potensi Ubi Jalar Cilembu

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Denis Eriska menemui petani tanaman ubi jalar Cilembu di Kecamatan Bojonggenteng. Kunjungan itu dimaksudkan untuk bersilaturahmi dengan para petani dan membahas pengembangan lahan pertanian untuk ubi jalar Cilembu.

"Intinya silaturahmi. Kita membahas potensi pengembangan lebih lanjut ubi jalar Cilembu ke depan," kata dia, Jumat, 1 Oktober 2021.

Denis menjelaskan, salah satu yang dibahas adalah pengembangan penanaman, dari semula 17 hektare, ditambah menjadi 30 hektare dan difokuskan di Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi. "Pengembangannya melibatkan petani milenial dengan sistem bapak angkat, termsuk dukungan modal KUR dari perbankan," ujarnya.

photoSekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Denis Eriska. - (Istimewa)

Baca Juga :

Saat ini, sambung Denis, ubi jalar Cilembu yang sedang dikembangkan penanamannya di Kecamatan Bojonggenteng, sudah masuk pasar ekspor. "Sudah ekspor ubi mentahnya. Sedangkan pengembangan selanjutnya bagaimana mengolah menjadi ubi matang yang tinggal dipanaskan dan disantap," kata Denis.

Dalam kunjungan tersebut dibahas pula pengembangan produk olahan bihun berbahan dasar tepung ubi. Denis pun berharap para petani di Kecamatan Bojonggenteng bisa terus eksis dalam penanaman ubi jalar Cilembu dan mampu mencapai target pengembangan di lahan 30 hektare yang direncanakan.

"Kami berharap dapat lebih banyak melibatkan petani lokal, terutama generasi milenial. Sehingga kesejahteraan mereka meningkat dan regenerasi petani dapat berjalan baik," ucap Denis.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI