Sukabumi Update

Gempa Dangkal di Tenggara Sukabumi, Warga Ciracap Rasakan Getaran

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya pada Sabtu, 2 Oktober 2021 pagi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menyatakan getaran tersebut terjadi pada pukul 09:27:04 WIB dengan kekuatan magnitudo 3.9.

BMKG Wilayah II Tangerang dalam laporannya mengatakan episenter gempa tersebut terletak pada koordinat 7.53 Lintang Selatan dan 106.71 Bujur Timur, tepatnya berlokasi di laut dengan jarak 62 kilometer tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada kedalaman sekira 26 kilometer.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi di selatan Pulau Jawa, di mana lempeng Indo-Australia menyelusup ke bawah lempeng Eurasia.

photoIlustrasi. - (Getty Images)

Baca Juga :

Dampak yang digambarkan peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cipamingkis, Cibuni, Cikaso, dan Cidolog, dengan Skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga pukul 09:59 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. Masyarakat pun diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Salah satu warga di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Ade Suryana (40 tahun), mengaku merasakan getaran gempa tersebut, meski hanya sebentar. "Ada di Ciracap cuma dikit dan kecil," kata Ade, warga Kampung Babakan Sawah RT 25/07 Desa Ciracap. "Sedang duduk di kursi sambil ngopi."

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI