Sukabumi Update

Abah Ugan dan Penyelam Cari Korban Tenggelam di Batukarut Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Hingga pukul 17.00 WIB, Minggu petang (3/10/2021) tim gabungan masih mencari pencarian korban tenggelam di Situ Batukarut Sukaraja Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Kekinian, Abah Ugan, tokoh agama setempat ikut turun ke tengah situ menggunakan perahu karet bersama penyelam dari Basarnas.

Dua penyelam dari Basarna bergabung dengan tim yang sudah penyisiran dan pencarian manual sebelum. Abah Ugan, tokoh masyarakat setempat ikut dilibatkan, karena lansia ini dianggap warga Barukarut memiliki kemampuan spiritual untuk membantu proses pencarian.

Abah Ugan diajak naik perahu karet, berdoa di lokasi korban terakhir terlihat yaitu ditengah danau atau situ. Menurut warga setempat kedalaman situ cikaret bisa mencapai 7 meter lebih di lokasi korban terakhir terlihat.

Tim lainnya sejak pagi sudah melakukan penyisiran, warga setempat ikut mencari dengan menggunakan alat penangkap ikan, jaring, jala bahkan kail besar. Jaring besar ditarik oleh banyak warga dan relawan dari tepian hingga ke ujung danau. 

photoTim penyelam diterjunkan cari korban tenggelam di Batukarut Sukabumi - (istimewa)</span

"Bagi yang bertanya bagaimana cara kerja dengan menggunakan pancingan, jadi relawan melemparkan kail ke dasar danau dengan tujuan mengait pada pakaian korban. Jadi ketika kail ditarik terasa berat, maka tim penyelam akan memeriksa kail ke dasar danau," ujar Syaiful dari Tim INAFIS Polres Sukabumi Kota menjelaskan kepada awak media

Belum diketahui apakah pencarian akan dilanjutkan malam hari. Namun untuk proses ini membutuhkan banyak penerangan atau lampu sorot.

Baca Juga :

BPBD Kabupaten Sukabumi tampak mulai mendirikan tenda di tepian danau untuk dijadikan posko dan penyimpanan peralatan serta tempat koordinasi tim sar gabungan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Seperti diberitakan sebelumnya, korban adalah remaja berusia 17 tahun warga Palasari RT 03/06 Desa Selaawi Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, yang saat itu sedang berwisata bersama keluarga.

Saat itu korban dan sejumlah rekannya mencoba berenang ke tengah situ. Saat rekannya kembali ke tepian, korban terlihat minta tolong saat berada ditengah situ Batukarut.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI