Sukabumi Update

SPI Gabung Partai Buruh, Apa Kata Ketua DPC Sukabumi Rozak Daud?

SUKABUMIUPDATE.com - Serikat Petani Indonesia atau SPI menjadi salah satu organisasi yang ikut dalam deklarasi Partai Buruh di Jakarta pada Selasa, 5 Oktober 2021. Ketua Dewan Pengurus Cabang atau DPC SPI Sukabumi Rozak Daud pun menyebut partai politik menjadi salah satu alat perjuangan.

"Secara prinsip memang organisasi rakyat seperti buruh, tani, dan nelayan, perlu saluran politik melalui partai untuk alat perjuagan," kata Rozak kepada sukabumiupdate.com, Rabu, 6 Oktober 2021. Rozak menjelaskan dalam kongres Partai Buruh tersebut, SPI menjadi bagian dari organisasi rakyat.

Rozak berharap Partai Buruh dapat menjadi alat perjuangan politik kelompok gerakan rakyat. Sebab, menurut aturan, partai politik menjadi media untuk menentukan pemimpin. Sehingga ia menilai keberadaan partai menjadi penting untuk meningkatkan posisi rakyat, khususnya elemen pekerja.

"Karena selama ini gerakan rakyat dibutuhkan saat pemilu saja oleh partai yang dibentuk oleh elit. Beda dengan Partai Buruh yang dibangun langsung oleh rakyat melalui gerakan rakyat," ujar dia.

photoLogo Partai Buruh. - (Wikipedia)

Baca Juga :

Untuk di Sukabumi, Rozak mengatakan belum ada langkah untuk merespons hasil kongres. Namun ia menuturkan, Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat atau DPP SPI diamanahkan menjadi Ketua Majelis Partai Buruh.

"Dari sekian gerakan rakyat yang tergabung dalam Partai Buruh, mayoritas organisasi pekerja. Perlu ada konsolidasi terlebih dahulu dengan kawan-kawan serikat pekerja," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia atau KSPI Said Iqbal didapuk memimpin partai yang pertama kali didirikan Muchtar Pakpahan pada 2003 tersebut. Said Iqbal terpilih sebagai Presiden Partai Buruh periode 2021-2026. Sebelas elemen buruh turut bergabung mendeklarasikan kembali partai itu.

Mereka adalah pengurus Partai Buruh yang lama; KSPI; Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia atau KSBSI; Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia atau FSPMI; Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia atau KSPSI; Serikat Petani Indonesia atau SPI.

Kemudian Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia atau KPBI; Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak, Gas Bumi, dan Umum atau FSP KEP; Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi atau FSP Farkes; Forum Pendidik dan Tenaga Honorer Swasta Indonesia atau FPTHSI; dan Gerakan Perempuan Indonesia atau GPI

Dalam struktur kepengurusan, ada nama Agus Supriyadi (Wakil Presiden), Ferri Nuzarli (Sekretaris Jenderal), Luthano Budyanto (Bendahara Umum), Sonny Pudjisasono (Ketua Badan Pendiri), Agus Ruli Ardiansyah (Ketua Majelis Nasional), dan Riden Hatam Azis (Ketua Mahkamah Partai).

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI