Sukabumi Update

Pantai Karanghawu Sukabumi Dipercantik dan Dua Menara Kembar yang Rusak

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Karanghawu di Cilosok Kabupaten Sukabumi saat ini tengah ditata oleh pemerintah daerah agar tampilannya makin cantik. Selain eksotis, Pantai Karanghawu juga dikenal warga karena keberadaan dua menara kembar pengawasan wisatawan yang kondisinya tidak terawat dan rusak.

Sejumlah warga pertanyakan kondisi dua menara penjaga pos Balawista di Pantai Karanghawu tersebut. Riski (32 tahun) yang menyebut dua menara itu sudah lama kondisinya rusak, kotor dan tidak dirawat.

"Ia mengaku sudah tiga kali mengunjungi pantai Karanghawu. Sepengetahuannya sejak awal 2020 kondisi sudah rusak. Sekarang hari ini saya kesini, dua menara di pinggir pantai ini makin rusak dan terancam ambruk," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (6/10/2021). 

"Ini sudah lama, liat aja bangunan rusak, bagian atap sebagian rusak, dinding banyak coretan, bagian dalamnya kotor," sambung Riski. 

photoMenara kembar pos pantai balawista di Pantai Karanghawu Cisolok Sukabumi yang tidak terawat - (NANDI)</span

Dihubungi terpisah ketua Balawista Kabupaten Sukabumi Yanyan Nuryanto, mengatakan dua menara kembar itu dipastikan akan dibongkar, karena dari sisi K3 maupun estetika tidak memenuhi syarat sebagai pos pantau. 

Baca Juga :

"Terlebih dengan adanya rencana pengembangan dan pembangunan Karanghawu oleh pemerintah, bangunan  akan diganti dengan menara portable seiring pembangunan di kawasan Karanghawu 1," ungkapnya. 

"Logikanya tidak mungkin kawasan dibangun, namun masih berdiri menara pengawas kembar yang akan justru akan merusak keindahan kawasan itu kalau tidak diganti. Saya pastikan diganti dan dibangun menara portable, hanya  posisi menaranya akan disesuaikan dengan kondisi pembangunan Karanghawu 1," tandasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI