Sukabumi Update

Dinas Perkim Bantu Pembangunan Rutilahu di Waluran Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 20 warga Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, mendapat bantuan pembangunan rumah tidak layak huni atau Rutilahu dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Jawa Barat lewat Disperkim Kabupaten Sukabumi.

Kepala Desa Caringinnunggal Neji Jaenudin mengatakan, rencananya, ada 40 unit Rutilahu yang akan dibangun. "Namun pelaksanaan tahap pertama baru 20 unit yang akan direalisasikan," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Pelaksanaan tahap pertama untuk 20 unit Rutilahu baru berjalan kurang lebih satu pekan dengan capaian sekitar 30 hingga 50 persen. Neji menyebut, anggaran per unitnya adalah Rp 17,5 juta, dengan rincian material Rp 16,5 juta, HOK Rp 700 ribu, dan Rp 300 ribu untuk operasional lembaga pemberdayaan masyarakat sebagai pelaksana.

photoSalah satu Rutilahu di Kabupaten Sukabumi. - (Budiono)

Baca Juga :

Selain anggaran dari pemerintah, dalam program perbaikan Rutilahu ini pun ada sumbangan dari masyarakat. Ukuran rumahnya pun bervariasi tergantung swadaya masyarakat. "Tapi ukuran minimal 6x5 meter persegi bentuk rumah permanen," ujarnya.

"Untuk tahap kedua tergantung progres tahap pertama. Mungkin lebih cepat tahap pertama dalam pelaksanaan pembangunan, segera tahap kedua direalisasikan," tambah dia.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI