Sukabumi Update

Drainase Tersumbat, Warga Cipanengah Sukabumi: Banjir Setiap Hujan Turun

SUKABUMIUPDATE.com - Warga yang tinggal dan beraktivitas di sekitar Jalan Pelabuhan II tepatnya di Kampung Cipanengah Rt 02/19, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, mengeluhkan banjir setiap turun hujan.  Penyebabnya drainase yang tersumbat, air meluap ke jalan dan membanjiri sejumlah rumah warga.

Hari ini hujan mulai melanda Kota Sukabumi dan sekitarnya sejak pukul 11.00 WIB siang. Tak hanya air luapan dari drainase, sampah ikut menggenangi rumah warga yang berada di pinggir jalan tersebut.

Salah seorang warga Eneng Nurjanah (32 tahun) memastikan tak hanya hari ini tapi setiap turun hujan agak lama, banjir selalu menyergap kawasan tersebut.

"Kondisi seperti ini bukan pertama kalinya terjadi tetapi setiap turun hujan pasti banjir. Bahkan, kalau hujannya deras rumah saya dan orang tua tergenang air selama berjam-jam," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (15/10/2021).

photoBanjir dijalan dan pemukiman di jalan Palabuhan II Cipanengah Kota Sukabumi - (RIZA)</span

Menurut Eneng drainase yang ada di pinggir jalan sudah tidak berfungsi dengan baik. Ditambah dengan aksi buang sampah warga dan pengguna jalan, hingga membuat drainase benar-benar tidak berfungsi untuk mengalirkan air hujan.

"Ya, memang banyak orang yang tidak bertanggung jawab membuang sampah sembarangan sehingga saluran air yang tidak terlalu lebar itu tersumbat. Sudah sering dibersihkan sama warga sini, memang drainasenya perlu perbaikan," imbuhnya.

Seperti dikatakan warga korban kebanjiran lainnya, Jalal (40 tahun). "Warga sudah menyampaikannya kepada pemerintah terkait tetapi sampai sekarang belum ada realisasinya. Sehingga, banjir sudah menjadi langganan warga di sini," tuturnya.

Warga berharap, pemerintah bisa cepat merespon dengan segera memperbaiki saluran drainase tersebut. "Kami berharap segera diperbaiki, sehingga kami tidak terus kebanjiran saat hujan," pungkasnya. 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI